gazwan Seorang anak kecil yang merantau demi keluarga dirumah

√ Pengertian dan Penjelasan Mengenai Unsur-Unsur Seni Musik [Lengkap]

Musik adalah sebuah kesenian yang mempunyai perpaduan dan unsur-unsur seni musik yang beitu banyak di dalamnya, contohnya seperti melodi, warna musik, irama, tangga nada, dan masih banyak yang lainnya.

Banyaknya unsur yang terdapat disebuah musik, maka dari itu kami akan membahas tuntas mengenai unsur-unsur seni musik secara lengkap, padat dan jelas.

Dibawah ini terdapat beberapa poin-poin penting mengenai unsur-unsur seni musik yang akan kami jelaskan, jadi baca sampai habis ya agar tidak salah paham.

Pengertian Unsur-Unsur Seni Musik

pengertian unsur-unsur seni musik
ngelmu.co

Unsur-unsur dari seni musik adalah suatu istilah yang dihasilkan dari susunan kerangka yang digabungkan dengan beberapa unsur yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu karya seni.

Unsur tersebut akan dijadikan sebagai salah satu dasar pokok dari seni musik. Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, musik adalah suatu keilmuan/ kesenian yang didalamnya mempelajari suatu pola suara dan menyusun nada dalam satu teks.

Penyusun itulah yang akan dipadukan dengan hubungan temporal suara yang dimana hal itu akan menjadi kesatuan yang berkesinambungan.

Di masa sekarang siapa sih orang yang tidak menyukasi musik? Sebagian besar orang pasti menyukainya. Kenapa harus musik? Sejatinya musik adalah unsur yang paling bisa untuk dinikmati oleh semua orang mulai dari anak muda maupun yang lanjut usia.

Seni musik sendiri memiliki  banyak unsur-unsur yang banyak mempengaruhi musik itu sendiri. Unsur tersebut akan menambah keindahan dan bisa juga sebaliknya.

Berikut merupakan pembelajaran mengenai berbagai unsur-unsur seni musik yang akan kita bahas tuntas:

Unsur-Unsur Seni Musik [Melodi]

unsur-unsur seni musik melodis
satujam.com

Melodi dalam bermusik adalah suatu unsur yang cukup berpengaruh. Pada dasarnya unsur ini mempunyai fungsi untuk mengatur tinggi rendah dan panjang pendeknya suatu nada yang terdapat di dalam musik tersebut.

Melodi bisa diartikan sebagai pengatur klimaks pada musik itu sendiri, dimana ketika mendengar nada itu kita seakan-akan merasa bergerak maju dan mundur menuju reff musik/ atau nada tinggi dan balik lagi ke posisi awal.

Kalau mau bisa mendapatkan tingkatan melodi yang baik dan bagus, maka interval kamu harus bisa untuk didengar oleh audience (pendengar)

Unsur musik melodi sendiri terbagi menjadi 3 antara lain durasi, pitch, tone. Berikut penjelasannya:

  • Durasi

Durasi dalam bermusik adalah suatu penentuan lambat atau tidaknya sebuah musik/ lagu yang dipertunjukkan. Beberapa ciri yang terdapat di durasi ini yaitum birama, irama, dan tempo.

  • Pitch

Pitch adalah suatu unsur melodi yang mempunyai fungsi yanitu untuk mengatu rangkaian dalam not, sejatinya pitch biasa disebut sebagai timbre (warna suara)

Pitch sendiri dilambangkan dengan suara huruf A-G. Dari susunan not tersebutlah yang nantinya akan menghasilkan sebuah melodi pada waktu yang sudah ditentukan. Dan waktu tersebut biasa dinamakan durasi.

Not itu sendiri dapat dihasilkan dari warna suatu musik yang berbeda yaitu dengan bermacam-macam alat musik, warna suara musik tersebut biasa disebut dengan nama tone.

  • Tone

Tone dalam bermusik adalam suatu bunyi pada nada, bunyi nada tersebut nantinya akan mempengaruhi kombinasi musik yang akan dihasilkan.

 

Dengan penjelasan diatas, bisa kita ambil kesimpulan bahwasanya melodi adalah ungkapan rasa nada dalam bentuk sebagian/ penuh yang nantinya akan disampaikan ke pada pendengar.

Pada prakteknya seorang seniman musik harus bisa untuk mengungkapkan nada-nada musik tersebut ke orang yang mencintai sebuah seni.

Unsur-Unsur Seni Musik [Tangga Nada]

unsur-unsur seni musik tangga nada
dictio.id

Tangga nada dalam bermusik mempunyai dua jenis, pertama adalah tangga nada pentatonik dan yang kedua adalah tangga nada diatonik.

Sebelumnya kamu sudah tau belum apa yang dimaksud dengan tangga nada? Jadi tangga nada adalah suatu susunan nada yang berurutan, dimana banyak orang membentuknya seperti tangga.

  • Pentatonik

Pentatonik adalah salah satu jenis tangga nada yang mempunyai ciri 5 jenis pokok nada.

  • Diatonik

Dan diatonik adalah jenis perama dari tangga nada yang memiliki ciri tangga nada dasarnya ada 7 dengan jarak 2 yaitu {1/2 dan 1}

 

Dalam membuat ciri khas musik itu sendiri, kamu harus memerlukan tangga nada dasar yang nantinya akan dipadukan dengan tangga nada yang lainnya.

Dimana hasil dari kombinasi tersebut akan menghasilkan sebuah interval atas rendah/ tingginnya suatu nada itu sendiri.

Unsur-Unsur Seni Musik [Ritme]

unsur-unsur seni musik ritme
muthiaputriluqman.blogspot.com

Ritme merupakan suatu rangkaian geran yang beraturan, dimana hal ini bisa menjadi dasar seni musik yang biasa disebut ritme atau irama.

Cara agar kita dapat mengetahui suatu ritme itu sendiri yaitu dengan mendengarkan musik secara berulang-ulang, dan nantinya akan ketahuan sendiri jika lagu tersebut sudah hafal di benak kita.

Jadi secara umum ritme adalah bentuk bunyi musik yang diulang-ulang. Baik di dalam lirik yang panjang maupun yang pendek, karena sejatinya kedua hal itu mempunyai penekanan kata yang berbeda.

Ritme/ irama yang terdapat di dalam musik/ lagu dapat dijadikan suatu ketentuan ketukan dalam bermusik.

Gerakan tubuh yang dilakukan secara otomatis itu merupakan sebuah gerakan yang disebabkan oleh lagu yang kita sukai dan senangi, nah itu yang dinamakan irama dalam musik.

Irama yang tampak pada suatu lagu akan mempengaruhi gerak motorik yang terdapat pada tubuh, sehingga saat mendengar lagu yang kita senangi tubuh seakan otomatis tergerak sendiri. Dimana kamu bisa menyebutnya dengan perasaan ritmis.

Unsur-Unsur Seni Musik [Timbre]

unsur-unsur seni musik timbre
oddav.com

Warna suara dalam bermusik memiliki kualitas yang buruk atau baiknya/ kualitas suara itulah yang disebut dengan timbre.

Suara serta getaran yang nantinya akan dihasilkan juga mempengaruhi timbre, timbre sendiri sangat bergantung pada bunyi pada instrument musiknya.

Alat musik sangat berpengaruh terdapat timbre itu sendiri merupakan jenis alat musik petik dan tiup, tapi kalau keduanya dimainkan dengan nada yang sama pasti timbre akan menghasilkan suara yang berbeda.

Unsur-Unsur Seni Musik [Birama]

unsur-unsur seni musik birama
kinibisa.com

Ayunan atau yang biasa kita sebut ketukan secara berulang merupakan bagian penting dari sebuah unsur seni musik yaitu, birama.

Birama sendiri dilakukannya harus tepat, teratur, dan harus dilakukan pada waktu yang sama. Pada musik, birama mempunyai istilah dalam beberapa angka, antara lain 2/4, 3/4, 3/5, dan lain-lain.

Ciri dari birama ini sendiri adalah dengan adanya sebuah tanda “/” yang berarti ‘penyebut’ dan suatu nilai dari adanya satu ketukan.

Jika penyebut biramanya mempunyai angka yang ganjil, maka hal itu disebut birama ternair. Tapi kalau penyebut biramanya mempunyai angka yang genap, maka hal tersebut dinamakan birama bainar.

Unsur-Unsur Seni Musik [Dinamika]

unsur-unsur seni musik dinamika
like-seni.blogspot.com

Instruksi/ kode khusus untuk dijadikan sebuah penentu volume alunan nada tinggi maupun rendah, yaitulah yang dinamakan dinamika yang sesugguhnya.

Kode/ tanda volume lembut atau nyaringnya bunyi itu merupakan sebuah istilah dari sudut pandang orang masing-masing.

Jika kamu memainkan dinamika dalam suatu musik itu sendiri mempunyai kode-kode pada alat musiknya, antara lain forte “f: keras”, pianissiomi “pp: sangat lembut”, fotissimo “sangat keras”, mezzo piano “mp: sebagian lembut”, dan mezzo forte “setengah keras”.

Decrescendo dan Crescendo adalah 2 dari istilah lain sebuah tanda dinamika musik. Decrescendo mempunyai pengertian yaitu suatu musik yang dimana harus dimainkan secara lembut.

Sedangkan crescendo adalah suatu tanda/ isyarat musik yang harus dimainkan secara keras dan dengan tensi tinggi.

Diawal sudah kami jelaskan bahwasanya musik mangadung sebuah unsur yang sangat komplen dan mempunyai variasi.

Seperti dinamika juga, karena dinamika sendiri mempunyai peran penting dalam bermusik yang mempunyai fungsi untuk mengatur emosional/ perasaan musik yang sedang dimainkannya.

Dinamika mempunyai fungsi untuk membawa ekspresi pada pendengar seperti sedih, senang, baik, riang, agresif, bahkan hingga datar saja mukanya.

Oleh karena itu dalam bermusik juga ada yang harus bisa membawakan lagu dengan perasaan supaya bunyi/ perpaduan suara yang nantinya akan dihasilkan untuk memanjakan pendengar.

Dinamika dapat memberikan pertunjukkan yang bisa membawa pendengar masuk ke dalam musik yang sedan diputar contohnya agresif, sedih, riang, atau datar.

Unsur-Unsur Seni Musik [Harmoni]

unsur-unsur seni musik harmoni
thegorbalsla.com

Keselarasan suara/ kesamaan bunyi dari adanya perpaduan suara dalam bermusik disebut dengan istilah harmoni.

Secara umum harmoni sendiri dapat diartikan sebagai hubungan antara suatu paduan bunyi yang dikeluarkan dengan berbentuk keseluruhan. Dimana harmoni mempunyai interval dan elemen ekor.

Elemen interval dalam harmoni sendiri sejatinya merupakan rangkaian tiga nada yang nantinya akan disusun secara rapi. Dan jika nanti dimainkan secara serentak, maka telinga kamu akan mendengar bunyi yang sangatlah harmonis.

Sedangkan akor disini merupakan sebuah perpaduan bunyi yang sebaliknya yaitu bunyi yang kurang harmonis/ susunan nadanya yang tidak lengkap/ bagus.

Harmoni sendiri merupakan akar dari ketahuannya sebuah lagu yang diiringi oleh sebuah musik. Dari situlah pendengaran yang terdapat pada kepala kita dapat menilai seberapa baik harmoni dalam lagu tersebut.

Jika telinga kita mendengarkan musik yang indah maka tandanya lagu itu berhasil untuk dibawakan/ dimainkan.

Bisa jadi penyanyi dan instrumen mempunyai kemistri yang cocok sehingga menghasilkan lagu yang sangatlah harmonis.

Secara horizon maupun datar, harmoni itu sendiri akan mempengaruhi sebuah komposisi pada musik tersebut. Namun, jika secara vertikal dengan adanya harmoni ini bakal mempengaruhi aspek pada nada.

Unsur-Unsur Seni Musik [Tempo]

unsur-unsur seni musik tempo
enero.co.id

Sebuah kecepatan dari adanya biaram disebut dengan nama tempo. Tempo sendiri dibagi menjadi 8 tipe antara lain:

  1. Largo (lambat sekali)
  2. Lento (lebih lambat)
  3. Moderato (sedang agak cepat)
  4. Adagio (lambat)
  5. Andante (sedang)
  6. Alegro (cepat)
  7. Vivace (lebih cepat)
  8. Presto (cepat banget)

Tempo sendiri akan mempengaruhi sebuah kualitas musik yang akan dimainkan. Contohnya seperti kamu sedang memainkan musik dengan tempo yang cepat, maka penyanyinya juga harus menggunakan metode yang cepat juga.

Begitu juga sebaliknya, kalau kamu memainkan sebuah musik dengan tempo yang lambat, otomatis pemainnya menggunakan metode yang lambat pula.

Tempo mempunyai suatu ukuran yang disebut beat. Beat sendiri sejatinya adalah ayunan banyaknya ketuka yang didapatkan dalam waktu satu menit.

Contohnya seperti ini, kalau lagu mempunyai MM35 maka didalam lagu tersebut mempunyai 30 ketukan dalam waktu 1 menit.

 

 

Semoga dengan adanya artikel unsur-unsur seni musik yang saya sharing ke kamu bisa menambah wawasan kamu dan lebih mengenal soal dunia permusikan. SAMPAI JUMPA LAGI !!

gazwan Seorang anak kecil yang merantau demi keluarga dirumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: