Mau Jago Main Tenis Meja? Kuasai Teknik Dasar Tenis Meja [LENGKAP]

Halo semuanya kembali lagi nih, tenis meja adalah permainan sekaligus olahraga yang cukup seru untuk dimainkan. Tetapi, jika kamu ingin memainkan olahraga ini kamu tidak bisa asal main karena kamu harus mengetahui teknik dasar tenis meja terlebih dahulu.

Dengan kamu mempelajari teknik dasar tenis meja, kamu akan lebih mudah untuk menguasai olahraga ini serta kamu akan terus menang kalau kamu menghadapi orang yang belum menguasai teknik dasar olahraga ini.

Apalagi kalau kamu mengikuti perlombaan tenis meja, teknik dasar permainan ini menjadi harga mati yang wajib banget untuk diketahui seluruh peserta.

Teknik Memegang Bet (Grip)

Teknik Memegang Bet (Grip)
satujam.com

Teknik grip merupakan teknik dasar tenis meja yang paling dasar, teknik ini bisa kita bilang sangat penting untuk kamu ketahui.

Disini kami akan kasih tau 3 teknik cara memgang bet yang paling populer, jadi kamu bisa memilih posisi yang cocok di tanganmu.

Shakehand Grip

Teknik ini adalah salah satu teknik memegang bet yang cuku populer di benua Amerika dan Eropa.

Jika kamu menggunakan teknik ini, kamu bisa menggunakan kedua sisi bet untuk kamu bermain.

Penhold Grip

Teknik yang kali ini juga bisa dikenal dengan nama Asia grip, walaupun kebanyak dari atlet tenis meja di asia lebih sering memakai teknik shakehand grip.

Pada teknik yang satu ini, sisi yang bisa digunakan hanya satu saja saat kamu bermain.

Seemiller Grip

Teknik memegang bet yang terakhir dan cukup populer yaitu seemiller grip, dimana orang menilai cara ini cukup sama dengan shakehand grip.

Baca juga ya: 9+ Teknik Dasar Pencak Silat untuk Kamu Seorang Pemula [LENGKAP]

Hanya saja yang membedakan dari kedua teknik diatas adalah kalau seemiller grip ini masih memutar pada bet bagian atas mulai dari 20 hingga 90 derajat ke arah tubuh, otomatis jari telunjuk menempel di sepanjang sisi bet.

Kelebihan dari  teknik ini yaitu mudah melakukan blok serta dapat menguasai permainan di tengah meja dengan cara melakukan perubahan sisi bet ketika permainan sedang berlangsung.

Tapi ada juga kelemahannya, yaitu teknik ini dianjurkan untuk tidak dipakai jika kamu adalah pemain yang bertipe bertahan, karena sangat sulit teknik ini untuk menghalau serangan lawan.

Teknik Siap Sedia (Stance)

Teknik Siap Sedia (Stance)
hariskhosasi.wordpress.com

Teknik dasar tenis meja yang kali ini adalah teknik siap sedia yang dimana kamu diharuskan untuk posisi badan, kaki, serta tangan dalam keadaan siap saat menunggu bola datan ataupun ketika memukul bola

Ada dua teknik siap sedia yang pada umumnya dipakai oleh profesional saat bermain tenis meja, yaitu:

Squar Stance

Squar stance adalah badan berposisi menghadap penuh ke meja seperti pada umumnya, biasanya posisi ini dipakai untuk menerima servis dari lawan maupun siap kembali setelah bisa mengembalikan pukuluan dari lawan.

Dengan cara satu langkah ke samping kanan, kiri, depan, dan kebelakang serta diagonal, pemain diharapkan bisa mengembalikan bola dari musuh dengan baik dan bagus.

Side Stance

Side stance mempunyai arti yaitu, posisi badan lagi dalam keadaan menyamping, baik kiri ataupun kanan.

Pada teknik siap sedia yang kali ini, jarak bahu ke meja diwajibkan untuk lebih dekat dari yang biasanya.

Misalkan, bagi kamu pemain kidal yang ingin melakukan forehand, berarti si pemain tersebut harus mendekatkan bahu kiri serta kaki kirinya ke dekat net atau meja, dan begitu sebaliknya dengan pemain yang kidal.

Tenik Menggerakkan Kaki (Footwork)

Tenik Menggerakkan Kaki (Footwork)
satujam.com

Teknik dasar tenis meja yang kali ini bernama footwork atau yang bisa kita sebut teknik mengendalikan kaki saat bermain.

footwork yang dipakai dalam permainan tunggal sudah dipastikan juga akan dipakai dalam permaianan ganda.

Akan tetapi, permaianan ganda belum tentu bisa dilakukan oleh permainan tunggal, jika diperhatikan dari banyaknya langkah footwork yang ada, untuk tunggal bisa dibedakan:

yaitu, satu langkah, dua langkah serta tiga langkah ataupun lebih. Arah pergerakannya juga cukup beragam, bisa ke kanan, ke belakang, ke samping kiri, samping kanan maupun diagonal.

Baca juga ya: 9 Teknik Dasar Bulutangkis [LENGKAP] Beserta Penjelasannya

penggunaan gerakan kaki juga wajib disesuaikan dengan jarak yang harus kamu antisipaso antara bola yang akan datan dengan posisi pemain.

Apbalia jaraknya terlalu dekat, mungkin pemain tidak usah melangkahkan kaki walaupun hanya satu langkah saja.

Namun jika jarak antara bola yang akan datang dengan pemain agak jauh, maka dengan dua langkah saja sudah sangat cukup.

Akan tetapi, kalau jaraknya cukup jauh dari meja, maka bola tersebut harus dicapai dengan tiga langkah atau bisa lebih.

Metode gerakan kaki yang sering kita pakai adalah two-step. Teknik ini pada umumnya sering digunakan oleh pemain yang bertipe menyerang.

Berikut merupakan langkah-langkah/ cara melakukan teknik footwork, yaitu:

  1. Lutut sedikit ditekuk.
  2. Berat badan diharapkan untuk seimbang secara rata di kedua kaki.
  3. Berat badan dipusatkan pada ujung kaki.
  4. Jika ingin melangkah ke kiri, maka kaki kiri digeser ke arah kiri serta berat badan juga dibebankan ke kiri. Kalau perlu melakukan dua kali langkah, maka tetap saja menggunakan cara yang sama.
  5. Mengikuti posisi kiri, maka apabila ingin melakukan pukulan forehand maka kaki kanan harus ditarik ke belakaan sehingga sama dengan posisi awal saat melakukan pukulan forehand.
  6. Kemudian, setelah kamu melakukan pukulan, pemain diharuskan untuk memperhatikan ke mana arah bola serta ia juga wajin kembali ke posisi awal. Sesuaikan posisi kita dengan memperhatikan bola sebelumnya, janganlah kamu langsung bergerak ketika lawan baru saja memukul.

Macam-Macam Pukulan

Macam-Macam Pukulan
djkn.kemenkeu.go.id
  • Pukulan Forehand

Pukulan foregand dapat dilakukan jika bola sedang berada di sebelah kiri/ kanan tubuh, tapi kamu juga harus menyesuaikan dengan kebiasaan tangan yang biasa kamu pegang.

Cara melakukannya juga pun cukup mudah yaitu dengan cara merendahkan posisi tubuh, kemudian tangan yang menggenggam bet digerakkan ke arah pinggang.

Baca juga ya: Kenali! 9 Teknik Dasar Bola Basket yang Akan Membuatmu Menjadi Handal

Apabila kamu tidak kidal, maka gerakkan tangan ke arah kanan, pada teknik ini siku dibentuk menjadi 90 derajat.

Jadi sekarang kamu tinggal menggerakan tangan kedepan tanpa merubah posisi siku kamu.

  • Pukulan Backhand

Posisi pukulan ini bisa dilakukan apabila bola sedang berada di arah yang berlawanan dengan tangang kamu yang menggenggam bet.

Untuk melakukannya, kamu cukup merendahkan posisi tubuh setelah itu gerakkan tangan yang memegang bet ke arah kanan (bila kamu kidal).

Arahkan tangan serta bet ke arah depan dan juga jaga siku supaya tetap berada pada bentuk sudut 90 derajat.

Jenis Pukulan

Jenis Pukulan
tirto.id
  • Drive

Teknik dasar tenis meja dalam masalah jenis pukulan ini bernama drive, drive sendiri merupakan pukulan dengan ayunan panjang sehingga dapat menghasilkan pukulan yang datar serta keras.

  • Push

Push adalah jenis pukulan yang dapat dilakukan untuk membalas backspin dari lawan. Pukulan ini dapat menjaga bola supaya tidak melambung terlalu tinggi dari net saat kita membalas pukulan.

  • Chop

Chop merupakan pukulan backspin yang sangat cocok untuk pemain yang lebih sering memakai mode bertahan.

  • Block

Block adalah teknik paling simple untuk mengembalikan pukulan keras dari musuh atau yang biasa kita sebut yaitu, smash.

Baca juga ya: 4 Teknik Dasar Bola Voli {LENGKAP} Beserta Penjelasannya

Teknik dasar tenis meja ini dapat dilakukan jika tepat setelah bola memantul dari meja.

Hal ini dilakukan supaya membuat lawan tidak dapat menyerang dengan cepat, karena bola yang kamu tepis akan kembali dengan sangat cepat

  • Service

Maksud dari teknik dasar tenis meja service ini adalah pukulan bola ketika pertama kali memulai permaianan.

 

Sekian, terima kasih

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: