9 Teknik Dasar Bulutangkis [LENGKAP] Beserta Penjelasannya

Halo semuanya balik lagi nih, teknik dasar bulutangkis adalah bagian yang sangat penting untuk kamu yang ingin mencoba olahraga yang satu ini.

Bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang mempunyai banyak sekali peminat yang tersebar sampai seluruh dunia.

Olahraga yang menjadikan raket dan shuttlecock sebagai 2 perlatan yang utama dalam olahraga ini bisa dimainkan oleh dua orang saat memainkan kategori tunggal ataupun empat orang (2 pasang).

Dalam olahraga bulutangkis ini terdapat 5 kategori yang bisa dimainkan yaitu, tunggal putra, tunggal putri, ganda putri, ganda putra, serta ganda campuran.

1. Teknik Memegang Raket (grip)

Teknik Memegang Raket (grip)
hellosehat.com

Teknik dasar bulutangkis yang pertama dan paling dasar ialah cara memegang raket, hal ini merupakan faktor utama yang sangat berpengaruh kepada kualitas pukulan yang akan dihasilkan.

Jika kamu adalah seorang pemula dan baru banget belajar bulutangkis, teknik pertama yang harus kamu pelajari ialah teknik memegang raket ini.

Di dalam teknik ini terdapat 2 cara memegang raket dengan benar dan baik, yakni:

  • Teknik Forehand

Cara memegang raket forehand ini dapat dilakukan dengan menggunakan tangan kiri atau kanan, Adapun cara-caranya sebagai berikut:

  1. Posisi kepala pada raket menyamping.
  2. Peganglah raket seperti kamu ketika berjabat tangan dengan orang lain.
  3. Antara jari telunjuk dan ibu jari terdapat celah yang berbentuk seperti huruf V.
  4. Jari manis, tengah, serta kelingking dipastikan untuk menggenggam raket.
  • Teknik Backhand

Jika kamu lihat sebenarnya teknik backhand ini tidak beda jauh dengan teknik forehand, teknik ini juga bisa dilakukan dengan tangan kanan maupun tangan kiri.

Mungkin ada beberapa hal yang membedakan teknik ini dengan teknik forehand seperti perbedaan posisi pada ibu jari dan jari teluntuk yang lebih dekat. Adapun cara-caranya sebagai berikut:

  1. Posisi kepala raket juga menyamping seperti pada umumnya.
  2. Posisi ibu jari cukup terpisah dengan keempat jari yang lainnya.
  3. 4 jari yang lainnya (telunjuk, manis, tengah, kelingking) menggenggam raket.

2. Teknik Pukulan

Teknik Pukulan
infowikia.blogspot.com

Jenis pukulan yang seringkali dipergunakan dalam permainan bulutangkis adalah teknik forehand. Pukulan dengan menggunakan teknik forehand ini dilakukan dengan cara mengayunkan badan dari belakang menuju ke depan raket.

Dimana posisi telapak tangan kamu menghadap ke shuttlecock. Adapun cara-cara pukulan menggunakan teknik forehand sebagai berikut:

Baca juga ya: 9+ Teknik Dasar Pencak Silat untuk Kamu Seorang Pemula [LENGKAP]
  1. Peganglah raket dengan teknik forehand.
  2. Posisi kaki kiri dan kanan menyilang (kaki kiri di belakang dan kaki kanan di depan atau sebaliknya)
  3. Miringkan badan ke sebalah kiri.
  4. Pukullah shuttlecock sambil menggerakkan bahu ke arah depan.
  5. Biarkan tangan bergerak terus ke arah bawah.
  6. Saat kamu ingin melakukan pukulan clear, maka pukullah shuttlecock dengan sekeras mungkin.

3. Gerakan Kaki

Gerakan Kaki
olahragamo.com

Dalam olahraga bulutangkis ada satu keahlian dasar yang penting sekali untuk kamu miliki yaitu, kelincahan.

Seorang pemain bulutangkis dianjurkan untuk mempunyai kelincahan dalam bergerak, tidak hanya tangan yang bisa melakukan pukulan tetapi anggotan tubuh yang lainnya juga dapat melakukannya tidak terkecuali pergerakanpada kaki.

Hal ini sangatlah berguna untuk kamu yang ingin melakukan pukulan berkualitas sekaligus mematikan musuh, antara tubuh, tangan serta kaki haruslah terdapat harmonisasi.

Kerja sama yang bagus dan baik antar anggota tubuh tidak cuma kita butuhkan saat menyerang saja, tetapi hal ini juga bermanfaat saat kita menerapkan sistem bertahan dari serangan musuh.

4. Sikap serta Posisi Badan

Sikap serta Posisi Badan
beritaagar.id

Teknik dasar bulutangkis yang kali ini merujuk pada konsep keseimbangan. Tidak cukup kelincahan saja, keseimbangan juga termasuk untuk yang tidak kalah penting dalam olahraga yang satu ini.

Teknik yang sederhana dan kadang suka diremehkan ini dipandang sebelah mata oleh orang yang awam saat bermain bulutangkis.

Namun bagi orang yang sudah professional, mereka sangat memperhatikan teknik yang satu ini dan cukup diperhatikan saat mereka latihan.

Baca juga ya: Mau Jago Main Tenis Meja? Kuasai Teknik Dasar Tenis Meja [LENGKAP]

Hal ini terbukti saat adanya pertandingan bulutangkis yang bertaraf lokal, nasional, hingga internasional.

Seringkali seorang pemain bulutangkis sangat tidak maksimal bahkan hingga gagal saat menghasilkan pukulan yang berkualitas hanya karena keseimbangan mereka yang tidak sempurna.

Adapun cara yang wajib kamu lakukan untuk memiliki keseimbangan yang baik sebagai berikut:

  1. Posisikan badan kamu untuk bertumpu pada kedua kaki kiri dan kanan.
  2. Tekuk ataupun bengkokkan kedua lutut, lalu berdiri dengan ujung kaki sampai pinggang berada pada posisi yang tegak.
  3. Kedua kaki diharuskan terbuka selebar bahu dengan posisi yang sejajar atau salah satu kaki berada di depan.
  4. Salah satu lengan siku yang tidak memegang raket berada di samping badan, supaya tangan lainnya yang menggenggam raket bebas bergerak.

5. Posisi Badan saat Memukul

Posisi Badan saat Memukul
andinhedyana17.blogspot.com

Gak bisa dipungkiri lagi bahwa dalam olahraga bulutangkis ini, tidak cuma cara memukul saja tetapi posisi tubuh saat melakukannya juga cukup berpengaruh kepada kualitas pukulan yang dihasilkan.

Adapun cara-cara posisi badan ketika memukul dengan baik dan benar adalah sebagai berikut:

  1. Dianjurkan posisi badan untuk menyamping ke arah net.
  2. Kaki kiri harus berada di depan kaki kanan.
  3. Posisi badan tepat berada di belakang shuttlecock.
  4. Bahu yang di kanan agak ditarik ke belakang.
  5. Saat sedang melakukan beberapa pukulan, maka pada saat itu harus ada pergantian posisi dari bahu kanan dan kaki kanan.

6. Service

Service
student.unud.ac.id

Pada umumnya, teknik dasar bulutangkis yang satu ini dapat dilakukan dengan cara mengarahkan shuttlecock ke kiri, kanan, depan maupun belakang pada pemain lawan.

Hal yang harus kamu hindari saat melakukan service ialah posisi shuttlecock yang tanggung serta berada tepat di depan pemain lawan.

Hal ini sama saja kamu memberikan poin ke pemain lawan karena sangat mudah mengmbalikkan service yang kamu lakukan sekaligus mematikan pergerakan kamu.

Dalam melakukan teknik ini 2 jenis teknik, antara lain sebagai berikut:

  • Forehand Service

Forehand Pendek

Teknik service forehand pendek mempunyai arti yaitu melakukan service dengan menggunakan tenaga cukup yang otomatis ayunan raket tidak terlalu kuat.

Ketika kamu melakukan service dengan teknik ini maka posisi saat jatuhnya shuttlecock tidak mungkin jauh dari net, serta berada di area depan pemain lawan.

Forehand Tinggi

Teknik forehand tinggi adalah service yang saat melakukannya menggunakan tenaga power. Akibatnya, posisi saat jatuhnya shuttlecock akan sangat jauh dari net.

Teknik ini mengakibatkan shuttlecok akan melambung tinggi hingga melewati tubuh pemain lawan, lalu jatuhnya akan dibelakang pemain lawan tersebut.

Baca juga ya: 4 Teknik Dasar Bola Voli {LENGKAP} Beserta Penjelasannya

Pada umumnya, ketika melakukan jenis service forehand ini, pemain lebih memperhatikan posisi badan serta berdiri mereka yaitu dengan membuka kedua kaki selebar pinggang kaki serta posisi tubuh yang menyamping.

  • Backhand Service

Jenis teknik service backhand cukup berbeda dengan teknik service yang sebelumnya. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan tenaga yang cukup serta ayunan yang sedang saja atau tidak terlalu kuat.

Saat melakukan service dengan teknik yang satu ini posisi kaki diharuskan untuk sesuai dengan tangan yang menggenggam raket.

Jika yang memegang raket adalah tangan kiri maka kaki kiri berada di depan, dan kaki kanan berada di belakang, begitu juga dengan sebaliknya.

Adapun Service yang benar dengan menggunakan teknik backhand sebagai berikut:

  1. Pada saat kamu memukul shuttlecock, kepala raket harus berada di bawah dari posisi pegangan raket.
  2. Ketika memegang shuttlecock, ia harus berposisi lebih rendah dari pinggang.
  3. Kaki kiri harus lagi dalam keadaan diam (tidak boleh bergerak sedikitpun).
  4. Kaki boleh bergeset tapi tetap tidak boleh diangkat dari lantai/ tanah.
  5. Mengayun raket serta memukul shuttlecock harus dilakukan dalam 1 rangkaian gerakan.
  6. Penerima service hanya diperbolehkan untuk bergerak saat shuttlecock telah dipukul oleh pemain yang sudah melakukan service.

7. Overhead

Overhead
snapshot.canon-asia.com

Teknik dasar bulutangkis yang kali ini bernama overhead, teknik ini dilakukan saat arah posisi jatuhnya shuttlecock mengarah ke belakang posisi ketika tubuh kita berdiri.

Setelah itu, overhead ini dapat dilakukan dengan cara memukul shuttlecock seperti halnya saat melempar, serta raket yang dipegang harus dengan teknik forehand.

8. Smash

Smash
hellosehat.com

Teknik dasar bulutangkis yang satu ini juga tidak kalah penting dengan teknik yang lainnya, smash merupakan suatu teknik yang bersifat full attack dan bertujuan untuk mematikan pergerakan pada lawan.

Pukulan smash yang terbaik pasti terciptajika diterapkan dengan lompatan yang tinggi dengan disertekan keseimbangan yang baik.

Karena saat posisi tersebutlah kamu bisa mendapatkan posisi yang paling sempurna untuk melakukan teknik yang satu ini.

Baca juga ya: Kenali! 9 Teknik Dasar Bola Basket yang Akan Membuatmu Menjadi Handal

Pukulan smash ini dilakukan dengan sekuat tenaga dan shuttlecock yang dipukul dianjurkan untuk mengarah ke area bawah lawan.

Karena pukulan ini dilakukan dengan penuh tenaga, maka pergerakan shuttlecock pada pukulan ini sangatlah tajam.

9. Netting

Netting
tirto.id

Netting adalah teknik dasar bulutangkis yang cukup sulit untuk melakukannya, bahkan orang yang sudah bertaraf internasional pun tidak ada yang bisa menjamin untuk ia selalu berhasil dalam melakukan teknik yang satu ini.

Hal ini dikarenakan gerakan netting ini sendiri membutuhkan sense yang tinggi, cara serta arah penempatan bola yang dituntut harus tepat.

Teknik dasar bulutangkis yang terakhir ini dilakukan dengan cara melakukan pukulan yang pelan pada shuttlecock, lalu kamu harus dapat mengarahkan posisi jatuhnya sedekat mungkin dengan net.

 

Sekian, terima kasih

 

 

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: