gazwan Seorang anak kecil yang merantau demi keluarga dirumah

Tantangan Dan Keindahan Yang Di Berikan Gunung Ijen

Halo semuanya kembali lagi nih, kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya mendaki gunung Ijen. Gunung yang menurut saya mempunyai kawah yang sangat indah. Gunung ini memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi dari gunung biasanya yang ada di indonesia hanya 2.443 mdpl dan terletak bersampingan dengan gunung merapi.

Jika anda tinggal di provinsi Jawa timur tepatnya di kab. Banyuwangi, mustahil bila anda tidak tahu yang namanya gunung ijen. Gunung dengan kawah terindah se Indonesia yang wajib kalian kunjungi jika ke daerah Banyuwangi.

Perkenalan Gunung Ijen

traveltodayindonesia.com

Untuk mencapai kawah Gunung Ijen dari Banyuwangi, bisa menggunakan kereta api ekonomi dengan tujuan Banyuwangi dan turun di Stasiun Karangasem kemudian naik ojek dengan tujuan Kecamatan Licin dan Desa Banyusari.

Dari Banyusari, perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding dengan menumpang truk pengangkut belerang atau menggunakan bus dan turun di Banyuwangi kota kemudian naik ojek bisa langsung ke Paltuding atau ke Desa Banyusari juga bisa namun dengan menggunakan bus tarif yang dikeluarkan akan lebih mahal.

Pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). Alternatif rute adalah Bondowoso – Wonosari – Tapen – Sempol – Paltuding.

Awal Kisah Perjalanan

ikons.id

Awalnya saya bersama ibu dan adik saya diundang sama pakde saya untuk mendatangi acara nikahnya yang ada di banyuwangi. Acara nikah pada hari Kamis sedangkan saya datang hari Selasa.

Nah, disini awalnya saya pergi ke Gunung Ijen ceritanya saya telah sampai di Bandara Juanda dari Bandara international Soekarnoe-Hatta perjalanan kurang lebih 2jam diatas pesawat tidak ada kata lain selain asstagfirullah karena saya cukup takut dengan ketinggian.

Niatnya saya ingin tidur di pesawat tetapi jantung berdegub kencang, yahh jadi mau gk mau harus duduk dengan mata yang cukup tegang meliat ke jendela. Setelah sampai di bandara Juanda saya di jemput teman dekat om untuk menjadi pembawa mobil menuju Banyunwangi.

Sampai Banyuwangi

resepkoki.id

Setelah sampai di Banyuwangi Saya menginap di tempat adik nya nenek ku. Kalo saya boleh jujur di rumah itu cukup tertekan, mau tau karena apa? ya, di rumah itu ada kandang burung yang jumlah nya tidak sedikit mungkin kalo saya perkirakan kurang lebih 30 burung.

keesokan harinya saya pun terbangun dari tidurnya sekitar jam set8, saya bergegas mandi karena jam 9 mulai berangkat ke Gunung Ijen. Dari Banyuwangi menuju Gunung Ijen kira- kira 1 jam 30 menit , setelah sampai di Gunung Ijen saya melihat pemandangan yang cukup indah menurut saya walaupun belum mendakinya.

Diatas adalah Gunung Ijen yang berdampingan dengan Gunung Merapi. Kisah dilanjutkan ya, Setelah saya sampai di tempat pendaftaran pendakian Gunung Ijen saya pun membayar uang pendakian itu kalo tidak salah 10rb pembayarannya mungkin itu buat petugas kebersihan/tim medis buat orang yang tidak kuat mendakinya menurut saya.

Tetapi ada 1 hal yang buat saya sangat bingung, seketika saya masuk ke jalur pendakian ada kendaraan semacam becak tapi tidak di goes didorong ke puncak untuk melihat pemandangan diatas.

Tetapi tarifnya yang buat saya kaget yaitu 600rb, harusnya sihh tidak kaget soalnya wajar dorong sampai puncak dan turun lagi itu sangat berat apalagi beban yang di tawarkan tidak menentu bisa berat bisa ringan, semua tergantung pengunjung.

Memulai pendakian

batcaveminis.blogspot.com

Saya akhirnya masuk ke jalur pendakian dengan teman om. Ibu dan adikku tidak kuat untuk menaikinya wajar wanita. Pos pemberhentian hanya disediakan 3 setiap 700 meter, saya menaiki dengan cukup berat dikaki seperti saya jalan dipegangi kaki saya oleh orang, sangat berat.

Tetapi saya tetap harus mendakinya untuk mendapatkan keindahan yang diberikan di Gunung Ijen saat berada di puncak.

Saya tidak berhenti di pos 1 karena belum terlalu cape dan akhirnya, saya berhenti di pos 2 disitu saya bawa duit 10 rb di kantong kalo mau tau Aqua diatas harga sangat tidak masuk akal yaitu 9 rb yang paling kecil, wajar apa tidak sihh? komen dong.

Indahnya Alam Tuhan

dailymotion.com

Dan akhirnya saya pun tiba di puncaknya saya pun menelan ludah terpukau melihat keindahan yang wajib disyukuri, Masyaallah tidak ada jeleknya semua indah dari kawah sampai Gunung Ijen yang berdempetan dengan Gunung Merapi. Diatas saya pun mencari spot spot foto untuk mengambil momen yang tidak akan terlupakan seumur hidup.

Tidak Ketinggalan saya wajib harus datang ke Kawah ijen yang termasuk paling indah sedunia menurut saya. Diatas adalah kawah Ijen jika malam, sayangnya saya tidak ke kawah Ijen pada malam hari saya hanya datang di sore hari.

Sekian, Terima Kasih

gazwan Seorang anak kecil yang merantau demi keluarga dirumah

2 Replies to “Tantangan Dan Keindahan Yang Di Berikan Gunung Ijen”