Sejarah Bola Voli di Indonesia dan Dunia (Lengkap dan Singkat)

Halo semuanya kembali lagi nih, bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang dimana bola voli sendiri dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan. Selain kalian harus mengenal teknik dasar bola voli, kamu juga harus mengenal sejarah  bola voli juga dong.

Adapun bola voli sendiri banyak sekali variasinya, seperti bola voli pantai, dimana bola voli yang satu ini terdiri dari 2 orang di setiap timnya. Sehingga dalam satu permainan bola voli pantai dimainkan oleh 4 orang.

Daripada banyak basa-basi, mendingan langsung aja kita ulas sejarah bola voli yang singkat serta lengkap dibawah.

Sejarah Bola Voli di Dunia

Sejarah Bola Voli di Dunia
bandarjudicbet.net

Beriku adalah fakta-fakta tentang sejarah bola voli di dunia, mulai dari ditemukannya olahraga ini hingga bisa kamu mainkan bersama teman-temanmu.

Olahraga ini Bernama Mintonette

Apakah sebelumnya kamu sudah tahu? Ternyata bola voli ini merupakan kombinasi dari 4 jenis permainan bola besar yang dijadikan menjadi satu, antara lain:

  • baseball,
  • bola basket,
  • bola tangan dan
  • tenis.

Tapi olahraga ini awalnya tidak disebut dengan nama bola voli, melainkan olahraga Mintinette. Siapa penemunya? Olahraga ini pertama kali ditemukan oleh William G. Morgan.

Tentang William G. Morgan

William G. Morgan adalah penemu cabang olahraga yang satu ini, dimana ia lahir pada tahun 1870 dan meninggal pada tahun 1942.

Beliau merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani atau jika disebut dalam Bahasa Inggris disebut dengan nama Director of Phycal Education di YMCA.

William G. Morgan sendiri menemukan bola voli ini pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Tentang Organisasi YMCA

YMCA merupakan singkatan dari Young Men’s Cristian Association. Dimana YMCA merupakan sebuah organisasi yang didirikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran utama umat agama Kristen kepada para pemudanya.

YMCA sendiri didirikan di Inggris yang tepatnya di London pada tanggal 6 Juni 1884 oleh William G. Morgan.

Terinspirasi dari Bola Basket

Ternyata sebelum terjadinya olahraga bola voli ini, William G. Morgan sebelumnya telah bertemu dengan James Naismith.

James Naismith sendiri adalah orang yang menciptakan cabang olahraga bola basket. Dimana beliau lahir pada 6 November 1869 dan meninggal pada 28 November 1939.

Sama halnya dengan William G. Morgan, James sendiri juga mengabdikan hidupnya sebagai instruktur pendidikan jasmani.

Dimana William G. Morgan menemui olahraga bola voli setelah empat tahun ditemukannya permainan bola basket oleh James Naismith.

Pada awalnya permainan yang ditemukan oleh William G. Morgan ini diperuntukkan untuk para anggota YMCA yang usianya sudah tidak muda lagi.

Karena itulah olahraga ini dibentuk tidak seefektif permainan bola basket yang diciptakan James Naismith.

Peraturan Pertama Bola Voli 

Peraturan pertama pada permainan bola voli tentu saja adalah pembuatnya atau penemunya, siapa lagi kalo bukan William G. Morgan

Beliau sendiri membuat sebuah jaring dengan tinggi 1,98 meter yang dipasang di tengah lapangan. Dimana 7,6 meter x 15,2 meter dijadikan sebagai ukruan lapangan.

Dimana untuk durasi permainannya, setiap pertandingan yang dimainkan terdiri dari 9 sesi dengan 3 kali servis yang bisa dilakukan oleh masing masing tim di setiap sesinya.

Berubah Nama Menjadi Bola Voli

Di tahun 1896, olahraga yang disebut Mintonette pada dulunya, berubah menjadi volleyball atau yang biasa dikenal dengan nama bola voli.

Hal ini dilakukan dalam demonstrasi pertandingannya yang dilaksanakan pertama kali di YMCA Training School.

Di awal tahun 1896, William G. Morgan diundang oleh Dr. Luthe Halsey Gulick untuk mendemontrasikan permainan yang baru saja diciptakannya oleh sebiah konferensi di stadion kampus YMCA yang baru.

Baca juga ya: Peraturan Bola Voli Terbaru yang Wajib untuk Kalian Ketahui [LENGKAP]

Dalam kesempatan ini banyak sekali dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani tersebut, William G. Morgan membawa dua tim, yang dimana setiap tim beranggotakan 5 orang.

Morgan sendiri menjelaskan bahwa permainan yang diciptakannya ini dapat dimainkan di luar maupun dalam ruangan dengan leluasa.

Menurutnya, permainan ini juga bisa dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada standar jumlah pemain yang membatasi dalam permainan bola voli ini.

Dimana kata beliau tujuan dari adanya olahraga bola voli ini adalah untuk mempertahankan supaya bola masih bisa bergerak melewati net yang tinggi, dari satu daerah ke daerah yang lainnya (daerah lawan).

Berkembang ke Seluruh Dunia

Sejarah bola voli akhirnya menyentuh pada saat permainan ini sudah terkenal ke seluruh dunia.

Seiring berkembangnya zaman, permainan bola voli ini mengalami sedikit perubahan pada aturan bermainnya.

Seperti di tahun 1916, penggunaan teknik spike atau yang dikenal dengan nama smash mulai diperkenalkan.

Dan 4 tahun setelahnya, lebih tepatnya pada tahun 1920, diciptakanlah peraturan 3 kali sentuhan serta skor akhir jberubah dari yang awlnya 15 poin menjadi 20 poin.

Pada tahun 1900, cabang olahraga ini mulai merambat ke negara lain selain negara asalnya Amerika, yaitu Kanada.

Sampai pada akhirnya, setelah meluas ke beberapa negara, pada tahun 1947 akhirnya dibentuklah Federasi Internasional Bola Voli yang bisa disingkat (FIVB).

Dan untuk pertama kalinya, kejuaraan bola voli diselenggarakan 2 tahun setelahnya, yaitu pada tahun 1949.

Baca juga nih: Macam-macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Tugasnya (LENGKAP)

Sejarah Bola Voli di Indonesia

Sejarah Bola Voli di Indonesia
olahraga.pro

Sejarah bola voli di Indonesia pertama kali pada zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1928.

Sayangnya pada saat itu untuk mengembangkan permainan ini dan olahraga lainnya di Indonesia, guru-guru pendidikan jasmani harus didatangakan dari Belanda.

Selain para guru pendidikan jasmani, para tentara juga peran dalam pengenalan serta pengembangan permainan sekaligus olahraga yang satu ini di Indonesia.

Mereka sangat suka bermain bola voli di asrama-asrama yang ditempatinya serta di lapangan terbuka.

Selain itu, mereka juga suka mengadakan pertandingan bola voli antar kompeni. Wah seru tuh pastinya, tapi jangan tembak-tembakan ya!!

Terbentuknya PBVSI

makassar.antaranews.com

Permainan bola voli sangatlah berkembang pesat di Indoensia. Sehingga tak butuh waktu lama untuk bermunculan klub-klub bola voli di kota-kota besar Indonesia.

Dengan adanya momen ini, akhirnya pada tanggal 22 Januari 1955, didirikanlah PBVSI yang dimana kepanjangannya adalah (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) di Jakarta.

Dengan adanya pembentukan organisasi bola voli di Indonesia tersebut. Bersamaan dengan itu juga diadakan lah kejuaraan bla voli nasional yang pertama kalinya.

Sejak didirikannya, PBVI sudah mulai aktif mengembangkan berbagai kegiatan bola voli di Indonesia, baik di dalam negeri, maupun di luar.

Dan hal ini terus berlangsung serta berkembang sampai detik ini, maka dari itu atlet bola voli semakin banyak dengan adanya organisasi ini lho.

Mulai Dipertandingkan Secara Resmi

Akhirnya perkembangan bola voli di Indonesia melambung tinggi saat menjelang diadakannya Asian Games IV di tahun 1962 serta dilanjutkan dengan Ganefo I di tahun setelahnya yaitu tahun 1963.

Hal ini berlaku untuk semua kategori, baik lelaki maupun perempuan. Bulan Oktober tahun 1951, permainan bola voli akhirnya dipertandingan dalam acara resmi yang bernama Pekan Olahraga Nasional (PON) II yang berlokasi di Jakarta.

Hingga sekarang, permainan bola voli menjadi salah satu cabang olahraga resmi yang selalu hadir dalam setiap kejuaraan olahraga di Republik Indonesia ini.

 

Sekian, terima kasih

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: