gazwan Seorang anak kecil yang merantau demi keluarga dirumah

Peraturan Bola Basket Terbaru [LENGKAP dan JELAS]

peraturan bola basket

Halo semuanya kembali lagi nih, bola basket merupakan sebuah jenis olahraga berkelompk yang sangat populer di Indonesia bahkan hingga dunia, setelah teknik dasar bola basket sudah kamu kuasai, maka sekarang saatnya untuk kamu ketahui peraturan bola basket yang akan kami ulas disini.

Mulai dari aturan perlengkapan, fasitilitas sampai batasannya merupakan hal yang sangat penting untuk diakui.

Dalam permainan bola basket sendiri, sangat memungkinkan banget bagi para pemain untuk mempunyai banyak kontak fisik, dan hal inilah yang membuat banyak orang menganggap olahraga ini sangat sensitif.

Dan akhirnya FIBA (Federasi Basket Internasional) Membuat aturan-aturan yang penting dalam olahraga populer ini.

Ukuran Lapangan

Ukuran Lapangan
smpduasonggom.blogspot.com

Gak cuma permainannya saja yang perlu untuk kamu ketahui, tapi dalam peraturan bola basket ini ukuran lapangan cukup harus diperhatikan secara khusus.

Dalam standar NBA dan FIBA tentang ukuran lapangan bola basket ini dibagi menjadi 2 panjang serta lebarnya.

Ukuran lapangan bola basket menurut standar FIBA adalah panjang 26 meter serta lebar 14 meter.

Sementara kalau menurut NBA adalah lapangan mempunyai panjang 28,5 meter dan untuk lebarnya adalah 15 meter.

Namun gak cuma hal ini aja, ada juga ukuran lain di lapangan olahraga ini yang perlu untuk dipertimbangkan secara lanjut.

Ukuran Bola

Ukuran Bola
nbareader.blogspot.com

Dalam pertandingan basket yang resmi, bola basket tidak boleh sembarangan dalam masalah ukurannya.

Walaupun kita seringkali menjumpai banyak sekali jenis boal basket yang ukurannya bervariasi yaitu dari kecil hingga besar.

Namun bisa dibilang sah serta disetujui dalam pertandingan sah yaitu ukuran 75 sampai dengan 78 cm.

Bukan cuma ukuran kelilingnya doang yang harus diperhatikan, beratnya pun juga harus serius diperhatikan, dimana beratnya sendiri yaitu 600-650 gram.

Bahkan hingga pantulannya juga dilihat secara teliti, dimana bisa kita bilang sah yaitu harus mempunyai pantulan ke atas 1,2 hingga dengan 1,4 meter yang dapat kita jatuhkan dari ketinggian 1,8 meter.

Saat pertandingan bola basket akan dimulai, pengecekan bola basket sendiri akan dilakukan oleh wasit yang berwenang dalam pertandingan tersebut.

Waktu Permainan

Di dalam permainan bola basket, waktu permainan juga mempunyai aturan dalam hal waktu. Dan yang banyak kita ketahui, bahwasanya di dalam olahraga ini terdapat 4 kuartal.

4 kuartal disini mempunyai arti 4 babak, dimana setiap satu babaknya mempunyai durasi selama 10 menit.

Dalam sebuah pertandingan bola basket sendiri, menang merupakan 4×10 menit untuk waktu bermain, dan 10 menit untuk jeda istirahat antar babak.

Ada baiknya kedua tim seketika sudah bermain dan hasil imbang, maka otomatis terdapat 2 babak tambahan yang akan dilangsungkan selama 10 menit sebagai tambahan waktu per babaknya dan 2 menit disini berperan sebagai waktu jeda antar babak itu sendiri.

Tetapi untuk NBA, aturan ini berlaku selama 12 menit durasi per babaknya. Jadi bisa kita simpulkan bahwa FIBA dan NBA itu mempunyai perbedaan tersendiri.

Ukuran Garis pada Lapangan

Peraturan bola basket yang kali ini terdapat di garis pada lapangan, tentu aja kita tahu bahwasanya terdapat garis putih yang mempunyai kemiripan dengan apa yang kita lihat pada lapangan sepakbola.

Setiap garis pada lapangan bola basket disini mempunyai peran yaitu mewakili setiap daerah dengan makna serta fungsinya masing-masing.

Garis pada lapangan bola basket juga mempunyai ukuran khusus yang wajib untuk kalian ketahui.

Untuk garis tengah lapangan sendiri yang tengah adalah pembatas lapangan menjadi dua sisi, disini kita bisa melihat bahwa ada lingkaran di sana, dimana diamternya harus banget 1,8 m.

Sedangkan untuk garis serang ukurannya adalah 6m itu untuk diameter, serta untuk jarak antara cincinnya dengan garis pemutusan yaitu 3,6m.

Jumlah Wasit

Gak cuma olahraga sepakbola yang memiliki wasit, dalam permainan basket pun juga ada wasit, dimana wasit basket sendiri ada 2 orang yaitu umpire atau pengadil.

Dimana seperti tugas wasit pada umumnya, jalannya pertandingan bola basket sendiri disini di bawah pengawasan serta pimpinan wasit.

Tugasnya juga sangat mirip dengan olahraga sepakbola, yaitu hak wasit di bola basket ini mempunyai keputusan penuh dan mutlak.

Lalu tugas untuk pengadil/ umpire disini adalah menjadi asisten pada wasit utama dalam pembuatan adanya keputusan yang disetujui terdapat di perbincangan.

Peraturan untuk Pemain Saat Pertandingan

Nah saatnya kita membahas peraturan bola basket soal pemain saat pertandingan. Pemain bola basket sendiri semuanya bisa langsung untuk ikut pertandingan dengan begitu saja yang dapat dipertandingkan pemain resmi yang sebelumnya sudah terdaftar untuk harus bertanding.

Sebelum pertandingan dimulai dan pencetak gol, pemain harus banget untuk sudah terdaftar di list untuk pertandingan tersebut.

Ada juga pemain yang tidak bisa dikembalikan dalam daftar skor yaitu dimana pemain tersebut sudah mendapatkan ganjaran diskualifikasi.

Dan pemain yang menentukan usianya di kompetisi standar FIBA/ NBA pun tidak mempunyai hak sah karena tidak diizinkan dari awalnya kompetisi.

Perlengkapan Ketika Pertandingan

Pada pertandingan bola basket sendiri, tentu saja kita tetap harus untuk memperhatikan soal perlengkapan pada suatu pertandingan.

Perlengkapan pertandingan sebenarnya gak sama karena sebelumnya sudah mempunyai aturan yang sudah ditentukan secara sah/ resmi.

Memang hal ini mempunyai hak untuk dipakai setiap terdapat kompetisi olahraga bola basket ini.

Lapisan pelindung tiang papan pantul, jam pertandingan, stopwatch, dan daftar skor serta pencahayaan yang cukup adalah perlengkapan yang berperan penting saat jalannya pertandingan.

Suatu pertandingan tidak bisa dimulai jika salah satu perlengkapan belum ada saat ingin jalannya pertandingan tersebut.

Seragam Pada Pemain Bola Basket

Seragam Pada Pemain Bola Basket
bukalapak.com

Peraturan bola basket yang satu ini juga merupakan hal yang penting untuk kalian ketahui dan ikuti.

Untuk aturan seragam ini, setiap pertandingan sudah ditentukan dimana ada dua set untuk setiap untuk untuk mempunyai seragam kandang/ tandang yang berbeda dengan yang dimiliki oleh lawan.

Seragam sendiri juga harus mempunyai nomor punggung yang wajib, dimana nomor punggung juga sudah mempunyai ukurannya tersendiri yang sudah ditentukan.

Untuk nomor pemain yang berada di depan, tingginya adalah 10cm sedangan lebarnya 2cm.

Sedangkan untuk nomor yang dibelakang ukurannya juga sama yaitu 10cm tinggi. Antar pemain sebuah tim tidak boleh untuk mempunyai nomor yang sama dan ini merupakan hal yang wajib untuk diperhatikan.

Seragam pada pemain bola basket juga bisa dibilang istimewa, kenapa bisa dibilang istimewa? Ya, karena memiliki warna yang dominan di setiap daerah. Mau itu belakang ataupun depan.

Saat bermain, seragam yang dipakai bukan hanya baju doang, melainkan terdapat celana pendek serta kaos kaki.

Gak cuma sampai situ, dalam penggunaan kaos dalam permainan bola basket ini juga wajib untuk memasukkannya ke dalam celana pendek tersebut.

Aksesoris Tambahan

Untuk aturan aksesoris tambahan disini pemain juga perlu untuk mengikutinya dengan baik, contohnya seperti dekker yang mempunyai peran sebagai pelindung pada area di anggota tubuh tertentu.

Pemakaian dekker kain sah kok! Jika dipakai di lutut, lengan, siku, bahkan jari. Gak jadi masalah juga jika pemain ingin menggunakan ikat kepala saat bertanding.

Hanya saja setiap perlengkapan tambahan disini mempunyai aturan yang harus diikuti kalau ingin dipakai.

Seperti penggunaan ikat kepala yang ingin digunakan oleh pemain, dimana ukurannya adalah lebar maksimal 5cm.

Selain daripada itu, pemain tidak diperbolehkan secara keras untuk mengenakan kalung, anting, cincin, bandana, atau aksesoris yang khusus untuk rambut lainnya.

Pelanggaran Dalam Pertandingan Bola Basket

Pelanggaran merupakan suatu peraturan bola basket yang paling utama untuk diketahui, baik itu untuk kita atupun setiap pemain.

Dengan kamu mempelajari pelanggaran dalam pertandingan bola basket ini , maka hal ini sama dengan menghindarkan diri kamu dari melakukan pelanggaran yang akan kamu lakukan.

Berikut merupakan darfar pelanggaran yang perlu untuk kamu ingat dengan baik serta diperhatikan oleh setiap pemain yang mau bertanding:

  • Touching

Ini adalah aksi menyentuh tangan pemain dari tim musuh yang akan melakukan tembakan ke ring tim kamu.

  • Pushing

Merupakan aksi mendorong pemain lawan yang akan melakukan tembakan ke ring tim kamu secara sengaja.

  • Jumping

Adalah aksi lompatan yang diperagakanoleh suatu pemain dengan posisi seperti akan menembak, tapi malah tidak jadi. Hal ini dianggap sebagai pelanggaran.

  • Technical Foul

Adalah pelanggaran yang dilakukan oleh suatu pemain karena melakukan pelanggaran terhadap aturan yang sudah ditetapkan dalam suatu pertandingan bola basket. Kasus yang paling sering dilakukan oleh pemain adalah protes terhadap keputusan wasit.

  • Unsportmanslike Foul

Aksi pelanggaran yang kali ini merupakan peraturan bola basket yang tidak bisa lagi diganggu gugat dari wasit ke pemain karena berniat untuk mencederai pemain lawan. Pelanggaran keras seperti ini, berkehendak untuk mendapatkan suatu keputusan diskualifikasi serta otomatis mendapatkan sanksi dari kompetisi tersebut.

  • Defensive Foul

Peraturan bola basket yang kali ini berupa pelanggaran, dimana pelanggaran yang satu ini bernama defensive foul. Aksi ini seringkali dipakai oleh pemain dari tim lawan ketika tim kamu sedang melakukan pertahanan.

  • Personal Foul

Aksi pelanggaran ini dilakukan oleh seorang pemain dalam suatu tim di mana pemain tersebut dikansih toleransi pelanggaran hanya sampai empat kali. Tetapi jika sampai 5 kali, ia akan ditindak oleh wasit serta didiskualifikasi.

  • Offensive Foul

Pelanggaran yang kali ini pada dasarnya seringkali dilakukan oleh tim lawan saat tim kita sedang melakukan serangan .

  • Team Foul

Peraturan bola basket yang berbentuk pelanggaran yang satu ini bernama team foul. Dimana wasit akan kasih izin untuk suatu tim berupa tembakan bebas saat tim musuh dinyatakan sudah melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali/ lebih.

  • Double Dribble

Adalah aksi menggring bola yang sebelumnya sudah dipegang menggunakan kedua tangan yang sebelumnya lagi kamu baru saja menggiring bola tersebut.

  • Foul out

Merupakan aksi pelanggaran yang sudah kelima kalinya oleh suatu pemain, dimana hal ini akan mengakibatkan pemain tersebut tidak diizinkan bermani di dalam lapangan lagi. Disini wasit yang akan memberikan keputusan supaya pemain tersebut dapat diusir.

  • 3 Second Violation

Aksi pelanggaran yang dilakukan oleh suatu pemain menyerang dan tidak menembak bebas setelah sudah 3 detik berlalu.

  • 24 Second Violation/ 30 Second Violation

Peraturan bola basket yang berupa pelanggaran ini yaitu aksi ketika suatu pemain tim sedang menyerang dan tidak melakukan tembakan ke ring setelah 24/ 30 detik telah berlalu.

  • 8 Second Violation/ 10 Second Violation

Adalah aksi pelanggaran oleh suatu pemain saat menyerang sambil memegang bola tetapi tidak menembaknya/ mengopernya selama 8 atau 10 detik lebih.

  • Back Ball/ Back Court

Aksi ini dianggap pelanggaran ketika suatu pemain sedang menggiring bola dan sudah melewati area timnya, tetapi dia mengoper atau menggiring ke areanya lagi.

 Peraturan Tentang Bola

Peraturan bola basket yang kali ini adalah mengenai bola yang merupakan peraturan dasar, dimana ini sangat berkaitan saat adanya pertandingan bola basket.

Berikut merupakan beberapa peraturan mengenai bola yang dimaksud:

  • Pemain dilarang keras untuk berlari sambil memegang bola, dikarenakan pemain wajim melemparkannya dari titik tempat menerima bola saat itu. Namun diperbolehkan juga ketika pemain saat itu berlari di kecepetan yang biasa saja.
  • Pemain bisa melemparkan bola ke semua arah dengan memakai kedua tangan/ salah satunya saja.
  • Pemain diharuskan untuk memegang bola di antara telapak tangan. Sedangkan lengan/ anggota tubuh yang lainnya tidak diperbolehkan untuk memegang bola.
  • Peraturan bola basket yang tentang bola satu ini pemain bisa memukul bola ke seluruh arah, baik itu menggunakan satu tangan atau kedua tangan, tapi pemain dilarang untuk memukul dengan meninjunya ataupun memakai kepalan tangan.
  • Gol bisa dianggap sah kalau bola yang suatu pemain lemparkan dari lapangan masuk ke dalam ring. Misalnya saat itu bola berhenti di tepi ring ataupun pemain lawan kemudian menggerakkan keranjang tersebut, walaupun bola masuk, tetapi hal itu tidak dianggap sah sebagai suatu gol.
  • Tim yang berhasil untuk mendapatkan poin/ nilai paling banyak ke ring lawanlah yang berhak untuk menjadi pemenang dalam suatu pertandingan tersebut.
  • Bola yang keluar dari lapangan saat adanya suatu pertandingan maka bola tersebut berhak untuk dilemparnya kembali ke dalam, dan yang berhak untuk memainkan adalah pemain pertama yang menyentuh.  Ada saatnya terjadi perbedaan pendapat akan terjadi dalam masalah kepemilikan bola, tapi ada wait yang akan melemparkan bola tersebut ke dalam lapangan. Dan hal ini akan diberi waktu selama 5 detik kepada suatu pemain yang bertugas melemparkan bola yang ada di genggamannya. Tetapi jika lebih dari waktu yang ditentukan tersebut, maka bola harus pindah tangan ke lawan, dan jika ada pemain yang sengaja untuk melakukan suatu hal serta menunda pertandingan, maka ia akan dikenakan peringatan yang akan dikeluarkan oleh wasit.

 

 

Sekian, terima kasih

gazwan Seorang anak kecil yang merantau demi keluarga dirumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: