gazwan Seorang anak kecil yang merantau demi keluarga dirumah

Pengertian Limbah, Jenis-jenis, Dampak, serta Cara Menanggulanginya

Pengertian limbah

Halo semuanya kembali lagi nih, mungkin sudah banyak banget yang tahu tentang limbah, tetapi kalian cuma sekedar mengetahuinya secara dekat, disini kami akan menjelaskan ke kamu tentang pengertian limbah, jenis-jenis , hingga dampak yang dihasilkan.

Mempelajari soal pengertian limbah ini memanglah hal yang cukup penting, karena pada dasarnya limbah bisa menjadi sesuatu yang akan membahayakan bagi lingkungan sekitar bahkan kesehatan kita sendiri.

Maka dari itu, tingkatkanlah rasa kepedulianmu terhadap lingkungan sekitar, salah satunya dengan cara kamu memahami tentang pengertian limbah ini.

Pengertian Limbah Secara Umum

Pengertian Limbah Secara Umum
ilmulingkungan.com

Pengertian limbah atau yang biasanya kita sebut sampah merupakan sebuah kotoran yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik.

Padahal berdasarkan keputusan oleh Menperindag RI No.231/MM/Kep/7/1997 Pasal 1 yaitu tentang prosedur impor limbah.

Yang isi dari keputusan itu ialah bahan, barang sisa ataupun bekas dari suatu kegiatan atau sebuah proses produksi yang dimana fungsinya sudah berubah dari semula.

Kita sudah saling mengetahui bahwasanya sampah adalah suatu bnahan yang tidak berharga lagi, karena rakyat sudah membuangnya.

Tapi dibalik banyaknya kekurangan yang dimiliki limbah ini, ternyata limbah sendiri juga mempunyai manfaat kalau saja diproses dengan tepat.

Setiap orang ketika melakukan kegiatan pasti akan menghasilkan limbah, dan hal ini sangat tidak baik untuk kelangsungan hidup kita serta lingkugan.

Maka dari itu kalau semakin banyak yang mengelola limbah tersebut, semakin berkurang juga penderitaan kita dan lingkungan.

Pengertian Limbah Menurut Ahli

Pengertian Limbah Menurut Ahli
tipsserbaserbi.blogspot.com

Disini kami akan menjelaskan pengertian limbah menurut para ahli, kami akan menjelaskan pengertian limbah menurut 2 ahli saja yaitu, Karmana dan Anonim.

  • Karmana

Pengertian limbah menurut Karmana disini adalah, limbah merupakan sebuah kotoran yang dapat menjadi bahan pencemaran atau polutan di lingkungan sekitar.

  • Anonim

Sedangkan pengertian limbah menurut Anonim disini cukup berbeda dengan pengertian Karmana, yang dimana menurut Anonim sendiri adalah limbah merupakan buangan yang dihasilkan dari suatu proses program industri maupun domestik dimana rakyat bermukim.

Macam-macam Jenis Limbah

Macam-macam Jenis Limbah
tirto.id

Jika sudah mengerti tentang pengertian limbah diatas, maka yang selanjutnya kita pelajari ialah macam jenis limbah, disini kami akan menjelaskan 3 macam jenis limbah.

Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya

  • Limbah Cair

Jenis limbah berdasarkan wujudnya yang pertama adalah limbah cair. Limbah cair ini sendiri dihasilkan dari hasil kegiatan yang berwujud cair, serta tercampur dengan bahan-bahan buangan limbah lainnya yang sebelumnya sudah larut ke dalam air.

Contoh dari limbah cair ini antara lain, air sabun/ sampo, sisa perwarna makanan, air tinja, dan masih banyak yang lainnya.

  • Limbah Gas

Selanjutnya ialah limbah yang berwujud gas. yang dimana limbah gas ini terdiri dari senyawa kimia dan memanfaatkan udara sebagai medianya.

Sehingga bisa menyebar dengan sangat mudah dalam jangkauan wilayah yang cukup luas, contohnya seperti nitrogen dan karbon monoksida (CO).

  • Limbah Suaraan

Ternyata suara juga bisa menjadi limbah, kenapa bisa menjadi limbah? Karena suara adalah limbah berupa gelombang bunyi yang dapat merambat udara dan otomatis mengakibatkan gangguan.

Contohnya tidak lain antara lain suara berisik dari kendaraan motor, serta mesin pabrik, dan masih banyak yang lainnya.

  • Limbah Padat

Jenis limbah berdasarkan wujudnya yang terakhir ialah berbentuk padat dan biasanya kering serta tidak bisa berpindah-pindah.

Dan jenis limbah yang satu ini sangat sering untuk kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, contohnya antara lain sampah plastik, pecahan kaca, sisa makanan, serta kertas bekas.

Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya

  • Limbah Industri

Jenis limbah berdasarkan sumbernya yang pertama ialah limbah industri. Limbah ini dihasilkan dari aktivitas produksi dunia industri.

Wujud atau rupa dari limbah yang satu ini tergantung dari jenis benda yang diproduksi/ dihasilkan.

Misalnya limbah berupa asap dari mesin pabrik maupun cairan dari bekas pengolahan zat tertentu.

Kandungan yang terdapat di limbah ini sangat berbahaya yaitu berupa asam organik serta senyawa organik.

Jika limbah ini berupa asap, otomatis akan mencemari udara dan jika bersifat cairan maka limbah ini akan mencemari perairan serta tanah.

  • Limbah Pertanian

Yang kedua ialah limbah yang dihasilkan dari kegiatan berkebun ataupun bertani. Seperti jerami, kayu-kayu, sisa daun-daun, dan lain-lainnya.

  • Limbah Domestik

Limbah berikutnya adalah limbah domestik, dimana limbah yang kali ini dihasilkan dari rumah tangga atau pemukiman, penduduk, pasar, dan rumah makan. Contohnya antara lan, sisa makanan dan air cucian.

  • Limbah Medis

Yang terakhir adalah limbah medis yang dimana limbah ini dihasilakn dari kegiatan medis. Contohnya antara lain yaitu, jarum suntik serta zat kimia.

Jenis Limbah Berdasarkan Senyawanya

  • Limbah B3 (Berbahaya dan Beracun)

Limbah yang satu ini berasal dari kegiatan manusia yang dimana terkandung senyawa kimia serta racun didalamnya.

  • Limbah Anorganik

Limbah yang kedua adalah limbah anorganik, limbah ini merupakan limbah yang cukup sulit untuk diurai kembali secara alami. Contohnya seperti plastik, logam, baja, kaca, dan masih banyak yang lainnya.

  • Limbah Organik

Limbah yang terakhir ini mengandung unsur karbon atau berasal dari makhluk hijau serta mudah terurai. Contohnya tidak lain adalah sisa makanan, kulit buah, kotoran hewan, sayuran, dan masih banyak yang lainnya.

Dampak Limbah Bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan

Dampak Limbah Bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan
sepedaku.org

Setelah selesai membahas tentang pengertian limbah dan mengenali macam-macam jenisnya, maka sekarang kita masuk ke dampak limbah itu sendiri terhadap lingkungan dan manusia.

Dampak Terhadap Kesehatan Manusia

Limbah mempunyai potensi besar untuk mengganggu kesehatan masyarakat, dan penyakit yang seringkali diberikan limbah ini sendiri antara lain, diare dan penyakit kulit.

Hali ini bisa terjadi saat limbah menumpuk tanpa adanya penguraian yang sepadan. Pada umumnya yang biasa terkena dampaknya adalah orang-orang yang pemukimannya dekat dengan pengumpulan limbah.

Dampak Terhadap Lingkungan Sekitar

Selanjutnya dampak dari limbah yaitu terhadap lingkungan, yang dimana bentuknya seperti cairan-cairan yang masuk ke aliran sungai, otomatis sungai tersebut akan tercemar.

Dan tidak jarang banyak orang memanfaatkan sungai yang ada untuk melakukan kegiatan sehari-hari atau yang biasanya orang mengkonsumsi ikan yang terdapat di sungai tersebut.

Akhirnya manusia pun mendapatkan dampak dari pencemaran limbah yang sangat meresahkan ini, Apakah kamu masih terus mengabaikan kesehatan kamu karena limbah?

Begini Cara Menanggulanginya

Begini Cara Menanggulanginya
unlimitart.blogspot.com

Limbah memang merupakan suatu barang yang sudah tidak dipakai lagi, tapi bukan berarti dibuang, ternyata teradapat cara untuk mengelola limbah ini.

Kamu bisa mengelola limbah dengan tangan dan menggunakan ide kreatif supaya limbah menjadi suatu hal yang posisif.

Bahkan jika kamu menekuni daur ulang limbah ini, kamu bisa memperoleh uang. Karena ketika sudah di daur ulang sedemikian rupa, bahkan kamu bisa menjualnya dengan harga yang tinggi lho.

Kami akan kasih satu solusi yang kami anjurkan. Adapun yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sampah atau limbah ini sendiri, yaitu:

1. Olah Kemudian Buang Limbah

Yang pertama adalah pembuangan limbah, jika kamu memiliki limbah yang dimana sudah tidak ada nilai jualnya lagi, maka lebih baik untuk dibuang.

Namun sebelum kamu membuangnya ke alam, limbah harus melalui proses pengelolaan terlebih dahulu.

Hali ini bertujuan supaya bahan berbahaya yang terdapat di dalam limbah dapat hilang sebelum dibuang, serta tidak menimbulkan dampak yang negatif terhadap lingkungan sekitar.

2. Daur Ulang Limbah Secara Kreatif

Selanjutnya kamu harus mendaur ulang limbah tersebut. Namun hanya ada beberapa jenis limbah yang bisa di daur ulang.

Contohnya seperti kaleng bekas yang bisa dijadikan pot bunga, botol plastik yang bisa dijadikan mainan maupun kotak pensil, kain perca, keramik, serta pecahan kaca.

Tidak semua orang dapat mendaur ulang limbah ini, diperlukan kreativitas dalam mengubah limbah menjadi barang yang bernilai kembali, Dan hal ini sangat positif untuk mengurangi limbah di sekitar lingkungan kamu.

3. Pengurangan Limbah

Sebenarnya banyak banget limbah yang seharusnya bisa dikurangi pemakaiannya. Contohnya kamu bisa mengurangi memakai kantong plastik, serta memakai tas belanja.

Hal ini sangat membantu untuk mengurangi limbah plastik sendiri, semuanya kembali lagi ke kebiasaan yang seharusnya dirubah.

Ternyata ada beberapa peraturan yang berkaitan dengan limbah ini, seperti Peraturan Mentri Perhubungan Nomor PM 54 Tahun 2017, serta Serta PP No.81 Tahun 2012.

Maka dengan adanya hal ini, kita juga harus berpatisipasi nmembantu pemerintah dalam menanggulangi jumlah sampah yang terus meningkat. Dengan cara tangan kreatif masyarakat untuk mengelola limbah hingga sedemikian rupa.

 

Sekian, terima kasih

 

 

 

gazwan Seorang anak kecil yang merantau demi keluarga dirumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: