gazwan Seorang anak kecil yang merantau demi keluarga dirumah

√ 15+ Contoh Hewan Herbivora Beserta Pengertiannya [LENGKAP]

gambar hewan herbivora

Hewan Herbivora adalah sebuah kelompok hewan yang mempunyai menu makanan hanya rumput/ tumbuh- tumbuhan.

Ciri- ciri dari hewan herbivora ini salah satunya ialah mempunyai gerham yang rapat kalau dibandingkan dengan jenis hewan lainnya.

Jika kalian menyangkut masalah makanan, mungkin 3 kelompok makanan yang satu ini tidak asing bagi sebagian orang yaitu:

  • Herbivora (pemakan rumput)
  • Omnivora (pemakan segalanya seperti daging dan tumbuhan)
  • Karnivora (pemakan daging)

Mungkin kami akan membahas semuanya di lain artikel jadi tunggu aja kelanjutannya.

Pengertian Hewan Herbivora

Sejatinya herbivora merupakan sebuah kelompok jenis hewan yang mempunyai menu makan hanyalah tumbuh- tumbuhan/ rumput dan tidak memakan selain itu seperti daging atau hewan lainnya.

Ciri- Ciri Hewan Herbivora

  • Mempunyai gigi geraham yang cukup lebar
  • Sebagian besar jenis hewan yang satu ini hidup di daratan
  • Segbagian besar Mempunyai kaki 4
  • Jenis hewan yang satu ini tergolong hewan mamalia
  • Tergolong hewan vivipar/ beranak

Wajib kalian ketahui bahwasanya tidak semua hewan herbivora berkaki 4

Contoh Hewan Herbivora

Setelah pengertian dan ciri- ciri sudah kita bahas diatas, nah sekarang inti dari artikel ini yaitu contoh-contohnya. Berikut merupakan contoh hewan herbivora beserta penjelasannya:

1. Jerapah

jerapah, gambar hewan herbivora
pixabay.com

Jerapah adalah sebuah hewan yang identik dengan Afrika berkuku genap. Hewan yang satu ini di kasih gelar karena hewan pemakan rumput paling tinggi di dunia.

Ketinggiannya dapat mencapai 5,5 meter dan beratnya bisa sampai 1350kg. Dimana postur jerapah jantan lebih besar daripada ukuran jerapah betina.

Lehernya yang sangat panjang membuatnya mudah untuk mencapai daun/ tumbuhan yang berada di atas pohon yang tinggi sekalipun.

2. Gajah

gajah, gambar hewan herbivora
inspiradata.com

Hewan besar dan mempunyai gading ini merupakan hewan yang cukup bersahabat dengan manusia, banyak cerita tentang persabatannya dengan manusia.

Gajah sejatinya tersebar di wilayah afrika, asia tenggara, hingga asia selatan. Dimana belalai yang dipunyainya dimanfaatkan untuk mengambil sebuah makanan.

Pada dasarnya, gajah Afrika makanan pokoknya adalah tunas, sedangkan gajah Asia adalah pemakan rumput (herbivora)

Hewan ini bisa mengonsumsi makanan hingga 165kg dan 50l air dalam perharinya, wajar aja kalau badannya besar banget yah hehe.

3. Bison

bison, gambar hewan herbivora
travelchannel.com

Bison adalah hewan yang banyak orang memiripkannya dengan banteng, memang menurut saya pribadi bison ini mempunyai banyak kemiripan dengan banteng cuma yang membedakan hanyalah kulit yang lebih tebal dan ukurannya yang lebih besar.

Bison masih dapat kita jumpai di Amerika Utara dna Benua Eropa. Makanan dari hewan besar yang satu ini adalah rumput serta kulit pohon yang muda.

Hewan ini terbilang pendiam dan tidak terlalu banyak gerak, tetapi hewan ini juga terkenal akan serangannya yang ganas terhadap musuh- musuhnya.

4. Rusa

rusa, gambar hewan herbivora
pixabay.com

Rusa adalah hewan herbivora yang terkenal akan kecepatannya dalam berlari, kenapa bisa cepat? Karena pada dasarya rusa sendiri mempunyai kaki yang panjang.

Selain itu rusa juga mempunyai kelebihan dibidang berenang dan melompat yang sangat tinggi dibandingkan hewan lainnya.

Artikel Terkait: Gambar Sel Hewan, Pengertian,Fungsi dan Bagiannya [LENGKAP]

Hewan pemakan tumbuhan yang satu ini mempunyai tekstur gigi geraham yang rapat sehingga bisa memudahkannya untuk mencerna makanan yang ia lahap.

5. Sapi

sapi, gambar hewan herbivora
alinea.id

Nah kali ini udah gak asing lagi pasti di telinga kita! Ya, sapi adalah hewan yang setahun sekalinya diqurbankan karena tradisi dari agama Islam.

Hewan ini termasuk sebagai hewan ternak yang sangat dibutuhkan oleh manusia, mulai dari susu hingga dagingnya sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.

Sapi merupakan hewan herbivora yang suka banget sama yang namana dedaunan apalagi rumput, oleh karena itu dia termasuk hewan yang mempunyai pencernaan sistem yang baik dan punya sistem yang canggih, maka tak heran sapi sering memakan rerumputan yang terbilang keras.

6. Kuda

kuda, gambar hewan herbivora
dictio.id

Kuda! Adalah hewan yang sangat terkenal akan kecepatannya juga selain rusa, dimana kuda sendiri juga merupakan bagian penting bagi sebagian orang sejak bertahun-tahun yang lalu.

Hewan herbivora yang satu ini termasuk hewan yang cukup lincah dan terkenal kuat untuk mengangkut manusia.

7. Kelinci

kelinci, gambar hewan herbivora
sentrabudidaya.com

Kelinci adalah hewan yang terbilang sangat imut dan merupakan hewan yang tergolong mamalia dari Famili Leporidae.

Sejatinya habitat kelinci mulai di benua Eropa dan Afrika, lalu ditemukanlah spesies hewan imut ini di Sumatera tahun 1972.

Pada zaman sekarang, banyak manusia yang menjadikan hewan ini menjadi peliharaannya karena tingkah lucunya dan imut serta menggemaskan.

8. Kerbau

kerbau, gambar hewan herbivora
warstek.com

Kerbau mempunyai berat tubuh yang terbilang fantastis, dimana hewan ini bisa mencapai berat sampai 600 kg lebih malah bisa lebih.

Sekarang hewan ini umumnya sudah dijadikan hewan ternak yang terus dipakai hingga sekarang untuk membajak sawah atau hal lainnya, terutama di benua Asia.

Seperti hewan herbivora pada umumnya, kerbau juga pada dasarnya hanya memakan dedaunan, rerumputan, hingga jerami pun ikut dalam menu makannya.

Uniknya, semua diri kerbau bisa bermanfaat untuk manusia, seperti halnya kulit bisa dibuat menjadi bahan baku untuk sepatu, wayang bahkan sampai helm untuk sepeda motor.

9. Burung Merpati

burung merpati, gambar hewan herbivora
alihamdan.id

Burung merpati adalah hewan udara yang tergolong ke dalam hewan pemakan tumbuhan, karena merpati pada dasarnya suka banget sama kacang-kacangan, jagung, serta beras.

Hewan udara yang satu ini termasuk ke dalam Famili Columbidae yang berasal dari Ordo Culumbiformes.

Burung yang karekteristiknya mempunyai paruh ramping dan memiliki berbadan gemuk ini mempunyai leher yang tidak terlalu panjang.

Dimana hewan ini suka membuat sarangnya dari ranting- ranting pohon dan ditaruh di pepohonan yang rimbun agar selamat dari marabahaya.

10. Kijang

kijang, gambar hewan herbivora
cintaihidup.com

Kijang adalah hewan yang bisa kamu temukan di wilayah Asia Selatan serta Asia Tenggara. Kijang berkelamin jantan sejatinya mempunyai tanduk yang tidak panjang dan seketika patah, tanduk itu dapat tumbuh lagi.

Seperti hewan pemakan tumbuhan lainnya, kijang juga mempunyai makanan yaitu dedaunan dan reruputan aja tidak selain itu.

11. Domba

domba, gambar hewan herbivora
hitekno.com

Banyak sekali orang yang kebingungan gimana cara membedakan antara kambing dan domba, maka dari itu kami akan membahasnya.

Domba terkenal akan hewan ternak yang mempunyai bulu tebal dan agak keriting, dimana kulitnya bisa diambil untuk kerajinan dan dagingnya bisa dimakan dan itu sangat lezat lhoo.

Layaknya seperti hewan herbivora lainnya, domba juga hanya menyantap dedaunan, rerumputan dan jerami untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisnya.

12. Badak

badak, gambar hewan herbivora
klcbs.net

Badak adalah sebuah hewan yang termasuk ke dalam Famili Rhinocerotidae, dimana hewan yang satu ini berasal dari benua Afrika dan Asia.

Hewan berpostur besar ini termasuk ke dalam kategori hewan langka yang terbilang buas, karena seringkali hewan ini menyerang manusia.

Badak sendiri mempunyai ukuran yang cukup besar dengan bobot bisa mencapai 1 ton lhoo, WOWW.

Ciri- ciri dari hewan ini mempunyai cula seta dan memiliki indra penciuman yang sangat kuat serta memiliki pendengaran yang cukup tajam.

13. Tapir

tapir, gambar hewan herbivora
marwell.org.uk

Taoir adalah hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang pada generasi sekarang termasuk ke dalam kategori hewan langka juga lho.

Kenapa bisa menjadi hewan langka? Karena pada umumnya habitat asli dari tapir ini sendiri semakin menyusut seiring berjalannya waktu.

Makanan pokok dari hewan langka ini yaitu daun muda yang dapat diraih oleh lidahnya, dan buah- buahan seperti nangka, durian, dan semangka.

Apakah kalian sadar bahwasanya hewan ini terbilang unik, kenapa bisa unik? Kalau kalian perhatikan dengan seksama bentuk tubuhnya mirip banget sama babi, telinganya mirip dengan badak, dan mulutnya yang menyerupai trenggiling.

14. Zebra

zebra, gambar hewan herbivora
forbes.com

Zebra adalah hewan yang sebagian besarnya berhabitat di Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur, hewan ini terbilang sangat mirip dengan kuda, hanya saja kulit hitam dan putih yang membedakannya.

Perlu kamu ketahui, pada dasarnya warna belang yang terdapat pada zebra mempunyai fungsi untuk mengelabuhi para musuh yang ingin memangsanya.

Kenapa terbilang hewan herbivora? Karena sejatinya zebra hanyalah memakan dedaunan, ranting, rerumputan, hingga kulit kayu ikut juga dalam menu hidangannya.

15. Anoa

anoa, gambar hewan herbivora
inibaru.id

Anoa merupakan salah satu dari banyaknya hewan yang terancam punah di dunia, Mungkin saat ini diperkirakan hanya ada 4500 ekor yang masih terdapat di sekililing kita.

Hewan yang satu ini merupakan target utama pemburu agar dimanfaatkan berbagai macam bagian tubuhnya, dimana tanduknya, kulitnya, bahkan dagingnya pun jadi sasaran empuk sang pemburu.

Hewan yang berhabitat di hutan tropika ini termasuk ke dalam hewan herbivora, dimana ia sangat menyukai rumput, pakis, buah-buahan yang terjatuh dari pohon, bahkan sampai umbi- umbian.

16. Iguana

iguana, gambar hewan herbivora
smithsonianmag.com

Hewan yang satu ini remasuk ke dalam jenis kadal, dimana habitat asalnya dari Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Iguana sendiri pada dasarnya hanya memakan selada, bayam dan juga sawi. Iguana mempunyai kelebihan yaitu ia sangat sempurna dalam hal berenang, dimana ia bisa bertahan selama 2 jam di permukaan air.

Yang membuatnya menarik ialah dia bisa meniru serta dapat mengenali suatu bayangan, bentuk, bahkan hingga berbagai warna.

 

Nah dari beberapa contoh diatas yang sudak kami sampaikan, dapat dengan mudah dipahami bahwa sekililing kita masih banyak banget hewan omnivora.

Sekian yang bisa kami sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, sampai jumpa di artikel selanjutnya. DADAHHHH!

gazwan Seorang anak kecil yang merantau demi keluarga dirumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: