√27+ Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Gambar dan Pengertiannya

Alat Musik Tradisional – Negara Inodnesia merupakan negara yang kaya akan budayanya, dimana hal ini tersebar dari sabang hingga merauke.

Salah satu dari sekian banyak budaya yang dimilikinya, salah satunya ialah alat musik zaman dahulu yang mempunyai keunikan yaitu nama-nama yang unik antara daerah yang satu dengan yang lainnya.

Maka dari itu, dengan kami memberi penjelasan diatas pastinya kamu sudah tau bahwasanya Indonesia mempunyai beragam budaya yang tersebar.

Tentunya, jika kamu ingin menjadi warga negara yang baik, maka kamu harus mengetahui nama-nama budaya khususnya alat musik tradisional yang ada di Indonesia.

Berikut ini adalah contoh-contoh alat musik zaman dahulu yang tersebar dari sabang hingga merauke secara jelas dan lengkap:

1. Alat Musik Tradisional [Aramba]

alat musik aramba
macamalatmusik.blogspot.com

Alat musik tradisional pertama yang saya kasih tau ke kamu adalah aramba, dimana aramba ini merupakan alat musik yang berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara.

Aramba sendiri mempunyai jenis bunyi yaitu ideofon, yaitu bunyi yang dapat dihasilkan dari bahan dasar aramba itu sendiri.

Untuk memainkannya, kamu hanya cukup memukul dengan meggunakan alat pukul misalnya stik drum. Ketika memukul, sebaiknya tidak terlalu keras/ sesuai kebutuhan saja.

2. Alat Musik Tradisional [Saluang]

alat musik saluang
id.wikipedia.org

Saluang adalah alat musik yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Dimana saluang sendiri memiliki jenis bunyi yaitu aerofon.

Apa itu aerofon? Aerofon adalah bunyi yang dapat ditimbulkan dari adanya hembusan angin. Jika kalian ingin memainkannya, tinggal ditiup doang kok dengan lubang-lubang yang terdapat di saluang tersebut sebagai pengatur nada dengan memanfaatkan jari pada tangan kamu.

3. Alat Musik Tradisional [Serangko]

alat musik serangko
searti.com

Nah sekarang adalah alat musik yang berasal dari provinsi Jambi nih. Dimana ia dibuat dari tanduk kerbao.

Kalau kamu ingin memainkannya tinggal dititup saja kok, pada dasarnya serangko sendiri sering dipakai masyarakat Jambi untuk memberi informasi bila terdapat musibah di lingkungan sekitar.

4. Alat Musik Tradisional [Bende]

alat musik bende
resa-shoping.blogspot.com

Bende adalah alat musik zaman lampau yang identik dengan kota Lampung. Jenis dari alat musik yang satu ini ialah Ideofon, yaitu bunyi yang dihasilkan oleh bahan dasarnya sendiri.

Kalau kamu ingin memainkannya, caranya cukup mudah kok. Kamu cukup memukulnya dengan alat pukul khusus.

5. Alat Musik Tradisional [Calung]

alat musik calung
merahputih.com

Jika kamu lihat secara visualnya, memang kebanyakan dari kamu menilai bahwa alat musik yang satu ini mempunyai kemiripan dengan Angklung.

Maka gak heran jika banyak orang beranggapan kedua alat musik ini sama. Padahal angklung dan calung mempunyai perbedaan terlebih jika kamu melihat cara memainkannya yang beda.

Dimana angklung dapat mengeluarkan bunyi dengan cara digoyangkan saja, sedangkan calung bisa berbunyi asalkan bambu yang terdapat di calung itu dipukul.

6. Alat Musik Tradisional [Angklung]

alat musik angklung
angklungudjo.com

Jawa Barat, adalah asal dari alat musik yang hingga sekarang sangkat terkenal eksistensinya sampai ke seluruh dunia.

Alat musik yang satu ini mempunyai jenis suara yaitu Ideofon, dimana kamu dapat memainkannya dengan cara memanfaatkan kedua tanganmu untuk digoyangkan dan otomatis akan mengeluarkan bunyi yang merdu nan indah jika mainnya bener hehehe.

7. Alat Musik Tradisional [Bonang]

alat musik bonang
collections.nmmusd.org

Bonang adalah alat musik zaman dahulu yang berasal dari Jawa timur dengan jenis bunyi yaitu Ideofon. Bonang juga alat musik tradisional dengan bentuk luar yang hampir sama dengan bende.

Biasanya dalam pertunjukan kesenian, bonang mempunyai peranan penting dari adanya lagu yang sedang dimainkan yaitu induk.

Maka dari itu bonang seringkali dikenalkan sebagai pemimpin nada yang pada dasarnya digunakan sebagai pemulai dan pengakhir pada suatu lagu.

8. Alat Musik Tradisional [Ladolado]

 alat musik ladolado
thegorbalsla.com

Ladolado merupakan salah satu alat musik zaman lampau yang paling terkenal dengan mempunyai asal dari Sulawesi Tenggara. Dimana lado lado sendiri memiliki jenis bunyi ideofon yang kalau kamu ingin memainkannya harus dengan alat pukul khusus.

Bentuk ladolado juga bisa dibilang mirip dengan alat musik gesek pada umumnya. Pada umumnya ladolado ini digunakan saat adanya pertujukan kesenian daerah.

9. Alat Musik Tradisional [Keso-Keso]

alat musik keso keso
pusatpandang.com

Keso merupakan alat musik orang dahulu yang berasal dari Sulawesi Selatan. Jika kalian melihat sekilas, alat musik ini mempunyai kemiripan dengan alat musik dari Jawa yaitu rebab.

Cara memainkannya juga terbilang mudah, yaitu dengan cara menggesekannya sehingga nantinya akan mengeluarkan bunyi yang begitu indah.

10. Alat Musik Tradisional [Panting]

alat musik panting
oddav.com

Alat musik yang satu ini adalah salah satu dari sekian banyaknya alat musik yang berasal dari Kalimantan, dimana kamu bisa memainkan alat musik ini dengan cara dipetik.

Mirip seperti kalian sedang bermain gitar, dimana yang hanya membedakan adalah ukuran dari panting jauh lebih kecil dari pada gitar.

Maka daripada itu, banyak orang beranggapan panting ini adalah miniatur dari gitar. Dimana kelebihan dari panting ini yaitu ia dapat mengeluarkan bunyi yang terdengan lembut dan juga halus.

11. Alat Musik Tradisional [Ganda]

alat musik ganda
santinorice.com

Ganda adalah alat musik yang berasal dari Sulawesi Tengah, dimana jika kamu melihat sekilas pasti beranggapan bahwa ganda merupakan gendang.

Yang membedakan gendang dengan ganda adalah, ganda cuma mempunyai satu sisi yang dapat dipukul.

Alat musik yang satu ini mengeluarkan jenis suara yaitu Membranofon, dimana jika terdapat pertunjukan kesenian pada umumnya jenis ganda yang dipakai itu bervariasi.

Dengan bermacam-macam ukuran, membuatnya sangat digemari penonton. Karena pada dasarnya variasi itulah yang membuat suaranya menarik saat dimainkan.

12. Alat Musik Tradisional [Ceng-Ceng]

alat musik cengceng
kamerabudaya.com

Alat musik yang dikenal akan keunikannya ini berasal dari Kota para turis, yaitu Bali. Dimana cara memainkannya sangatlah mudah, yaitu tinggal letakan pada kedua telapak tangan yang setelah itu dilanjutkan dengan saling membenturkan satu sama lain.

Ceng-ceng sendiri sering digunakan oleh rakyat Bali untuk turut memeriahkan acara-acara pentas contohnya seperti pesta pernikahan dan perayaan adat.

13. Alat Musik Tradisional [Sasando]

alat musik sasando
negerikuindonesia.com

Alat musik ini identik dengan keunikannya karena bunyi yang dihasilkan sangatlah merdu nan indah serta tampilannya yang banyak orang merasa tertarik.

Pada dasarnya warna putih yang terdapat pada kayu tersebut mempunyai fungsi yaitu penyangga dawai-dawai.

Untuk memainkannya terbilang cukup mudah, kamu dapat melakukannya dengan cara dipetik pada dawainya, dimana hal itu akan mengeluarkan suara merdu yang banyak orang sangat tertarik untuk mempelajari alat musik yang satu ini.

14. Alat Musik Tradisional [Serunai]

alat musik serunai
alatmusik.org

Serunai merupakan alat musik zaman dahulu yang berasal dari NTB (Nusa Tenggara Barat). Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara ditiup, ya mirip dengan seruling.

Namun yang membedakan serunai dengan seruling adalah bunyi yang dihasilkan, pada dasarnya serunai mempunyai lekukan serta motif-motif yang dimana hal ini memberikan nilai seni yang sangat tinggi.

Biasanya serunai seringkali digunakan dalam pentas pertunjukan daerah dan sebagai alat musik pengiring pementasan tari tradisional khas Nusa Tenggara Barat.

15. Alat Musik Tradisional [Slenthem]

alat musik slenthem
en.wikipedia.org

Alat musik yang kali ini berasal dari Jawa Tengah, yang dimana alat musik ini mengeluarkan suara/ bunyi dengan cara dipukul.

Slenthem sendiri dibuat dari adanya bahan campuran antara seng warna keemasan dan kuningan. Daripada itu, slenthem mempunyai ciri khas yaitu berupa bilah-bilah yang terdiri dari beberapa ukuran.

Fungsi dari ukuran dalam slenthem itu adalah mengeluarkan jenis bunyi yang berbeda, alat musik yang satu ini biasanya hadir di perangkat alat musik pada gamelan.

16. Alat Musik Tradisional [Tuma]

alat musik tuma
thegorbalsla.com

Tuma adalah alat musik yang berasal dari Kalimantan Barat, dimana jika kamu melihatnya dengan sekilas pasti kamu memiripkannya dengan gendang.

Tapi, cuma satu sisi saja yang dapat dipukul, dimana alat musik ini digunakan untuk mengiring acara adat yang terdapat di lingkup Kalimantan Barat.

17. Alat Musik Tradisional [Kecapi]

alat musik kecapi
wajibbaca.com

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan alat musik dari Sulawesi Barat yang terkenal hingga mancanegara ini.

Kecapi sendiri bisa dibunyikan dengan cara dipetik, alat musik yang satu ini memang terkenal sebagai salah satu dari sekian banyak alat musik yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia bahkan Dunia.

Alat musik ini berjenis Kordofon, dimana bunyi yang dilontarkan sangat lembut nan indah. Jika kamu ingin memainkannya, kamu hanya perlu memetik senarnya.

18. Alat Musik Tradisional [Sampe]

alat musik sampe
kenalibudaya.info

Sampe adalah alat musik yang berasal dari Kalimantan Timur, dimana alat musik ini menampilkan artistic yang bernilai tinggi.

Seringnya Sampe ini berwarna putih dan diberikan sentuhan hiasan seperti ukiran disetiap sudut dan bidangnya.

Cara memainkannya terbilang mudah yakni dengan dipetik pada bagian dawainya. Alat musik zaman dahulu ini digunakan oleh masyarakat Kalimantan Timur sebagai pengiring saat adanya ritual penting pada wilayah-wilayah tertentu.

19. Alat Musik Tradisional [Japen]

alat musik japen
thegorbalsla.com

Japen merupakan alat musik yang berasal dari Kalimantan, tepatnya berada pada provinsi Kalimantan Tengah.

Alat musik ini pada dasarnya mempunyai ciri khas sebagai alat musik peting yang bagian tengahnya ada dawai-dawai.

Japen sendiri mempunyai bentuk yang hampir sama dengan gitar/ biola. Namun yang membedakan hanyalah ukuran japen yang lebih kecil dan juga ramping.

Dengan ukiran-ukiran yang sangat indah serta cat warna yang sangatlah menarik, menjadikannya indah nan pesona jika dipandang dengan pasang mata.

20. Alat Musik Tradisional [Fu]

alat musik fu
cintaindonesia.web.id

FU adalah salah satu alat musik orang dahulu yang berasal dari daerah Maluku Utara. Alat musik ini berjenis Aerofon.

Jika ingin memainkannya, kamu hanya perlu meniupnya denga bantuan telapak tangan yang berfungsi sebagai media pengatur nada.

21. Alat Musik Tradisional [Gendang]

alat musik gendang
id.wikipedia.org

Gendang merupakan alat musik orang zaman dahulu yang berasal dari Yogyakarta. Dimana jenis suara yang dihasilkan dari gendang yakni Ideofon.

Cara memainkan gendang terbilang sangat mudah, yaitu dengan cara ditepuk-tepuk pada bagian yang lunak dengan memanfaatkan telapak tangan kamu (mainnya jangan lama-lama nanti yangan bisa merah hehe)

22. Alat Musik Tradisional [Kolintang]

alat musik kolintang
indonesiakaya.com

Nah pasti dari kalian masih asing dengan alat musik yang satu ini, yaitu Kolintang. Dimana kolintang merupakan alat musik orang dahulu yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Bentuk kolintang sendiri jika dilihat secara visulanya pasti kamu memiripkannya dengan alat musik belira. Kolintang mempunyai ciri-ciri yaitu bilang memanjang dengan berbagai macam ukuran.

Lalu, bambu yang terdapat di kolintang sebagai media penyanggah sehingga suara yang dihasilkan  dari alat musik ini sangatlah merdu.

Cara bermainnya pun terbilang mudah, yaitu dengan cara dipukul. Dimana pemukul disini harus khusus yang berfungsi untuk menghasilkan suara/ bunyi dengan nada yang sudah ditentukan.

23. Alat Musik Tradisional [Accordion]

alat musik accordion
alampedia.blogspot.com

Alat musik ini ditemukan di daerah Palembang, Sumatera Selatan. Dimana jenis bunyi yang dihasilkan adalah Aerofon. Dimana alat musik ini dapat berbunyi dari hembusan nafas.

Untuk memainkannya juga terbilang mudah, yaitu dengan cara ditiup dan dengan bantuan tangan yang berfungsi untuk mengatur nada-nada dari accordion itu sendiri.

24. Alat Musik Tradisional [Gambus]

alat musik gambus
senandungindah.home.blog

Alat musik yang kali ini berasal dari provinsi Jambi, dimana jenis bunyi yang dihasilkan gambus itu sendiri adalah Kordofon.

Maka dari itu, cara memainkannya terbilang sangat mudah. Yaitu kamu hanya perlu memetik pada senarnya dan otomatis akan mengeluarkan bunyi yang ditentukan oleh senar itu sendiri.

25. Alat Musik Tradisional [Serune Kale]

alat musik serune kale
youtube.com

Alat musik yang berasal dari Aceh ini mempunyai jenis bunyi Aerofon. Dimana yang kalian ketahui aerofon itu adalah bunyi yang bisa ditimbulkan dari adanya hembusan angin.

Jika kamu ingin memainkan alat musik ini dengan cara ditiup serta menggunakan jari-jari pada tangan kamu untuk mengatur nada-nada yang sudah kamu tentukan.

26. Alat Musik Tradisional [Tehyan]

alat musik tehyan
pusatpandang.com

Tehyan merupakan alat musik yang berasal dari ibukota Indonesia, yakni Jakarta. Dimana alat musik ini berjenis Kordofon.

Untuk memainkannya, kamu hanya cukup menggesekannya pada area senar/ dawainya. Pokoknya tehyan ini cara memainkannya hampir sama dengan alat musik biola.

27. Alat Musik Tradisional [Nafiri]

alat musik nafiri
thegorbalsla.com

Nafiri merupakan alat musik lampau yang berasal dari Maluku, dimana jenis suara yang dikeluarkan dari nafiri adalah Membranofon.

Cara memainkan nafiri bisa terbilang unik, apakah kamu tahu? Yakni dengan cara tepuk tangan menggunakan telapak yang terdapat di tangan kamu.

28. Alat Musik Tradisional [Tifa]

alat musik tifa
negerikuindonesia.com

Tifa adalah alat musik zaman dahulu kala yang berasal dari Papua. Dimana tifa sendiri masih sering digunakan masyarakat Papua untuk menyambut tamu atau mengiringi musik pada pentas seni daerah.

Tifa berbentuk seperti gendang namun yang membedakan adalah ukurannya yang jauh lebih kecil dan juga panjang.

Cara memainkannya sangat mudah lho, yakni dengan cara dipukul menggunakan telapak pada tangan kamu.

 

 

Nah selesai sudah artikel mengenai alat musik zaman dahulu. Dimana kami berharap kamu dapat bertambah wawasannya , semoga memberikan banyak manfaat ya. SAMPAI JUMPA LAGI!

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: