√ 13+ Contoh Alat Musik Ritmis Beserta Pengertian dan Fungsinya

Alat Musik Ritmis– Halo semuanya, apa kabar nih? Ritmis adalah salah satu jenis alat musik yang dimana ia tidak bisa dijadikan sebuah nada.

Pada umunya, jenis alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara dipukul contohnya seperti kendang atau drum.

Walaupun demikian, ritmis sendiri dapat menciptakan instrumen yang indah dan mempesona. Tradisional maupun modern sampai sekarang masih aktif dipermainkan dalam beberapa pertunjukkan mau itu solo atau grup.

Musik menyentuh kita secara emosional, saat di mana kata-kata saja tidak bisa melakukannya.

Fungsi Alat Musik Ritmis

Walau bukanlah sebuah alat musik utama dalam ada pertunjukkan, tetapi instrumen dari musik ritmis ini memberikan banyak keutamaan dalam suatu pertunjukkan. Jadi, Apa fungsi musik ritmis yang sebenarnya? Berikut ulasannya:

1. Membantu untuk Mengatur Tempo

Supaya musik tidak berantakan, jadi suatu lagu harus terdapat tempo yang mengaturnya. Dimana musik ritmis disini akan menjalankan fungsinya sebagai pengatur tempo tersebut.

Tempo yang bagus dan baik menjadikan suatu lagu akan enak terdengar, dan kalau tempo berubah juga musik akan tetap terdengar enak dan teratur.

2. Sebagai Pengiring Lagu

Dimana yang sudah kalian ketahui, bahwasanya ada beberapa contoh musik ritmis yang bisa dipakai secara solo untuk mengiringi suatu lagu/ tarian, misalnya seperti kendang dan rebana.

Sebagai pengiring lagu, jenis alat musik yang satu ini memang cenderung tidak bermain keseluruhan sehingga suara dari penyanyi masih jelas terdengar.

3. Menjadi Patokan/ Tanda

Saat alat musik ritmis sedang dimainkan dengan ketukan, memang pada dasarnya hal ini dapat dijadikan suatu tanda/ patokan dalam sebuah lagu.

Misalnya seperti tabuhan drum ketika lagu sedang memasuki reff, timpani ketika pertunjukan lagu sedang memasuki klimaks orchestra, dan masih banyak yang lainnya.

Dimana sebenarnya jenis alat musik ini bertindak sebagaimana sinyal dalam perpindahan sebuah bagian-bagian tertentu ketika pertunjukkan musik sedang berlangsung.

4. Pengatur Irama

Irama serta harmonisasi sebenarnya mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Dimana musik ritmis dapat menjalankan fungsinya sebagai pengatur irama pada sebuah pertunjukan musik.

Dimana irama yang enak didengar oleh penonton dapat membuatnya menjadi senang dan santai serta rileks.

5. Harmonisasi

Harmonisasi dapat tercipta dengan indah jika adanya musik ritmis, mau itu rock, hip hop, pop, reggae, dan masih banyak yang lainnya.

Malah dalam beberapa pentas, jenis alat musik yang satu ini difungsikan untuk mengatur bit pada musik yang sedang dipertontonkan, contohnya seperti genre musik rock yang memanfaatkan drum untuk mengatur bit.

Contoh Alat Musik Ritmis

Daripada penasaran! Mendingan langsung aja cek ulasan mengenai alat musik ritmis yang lengkap dengan gambar beserta pengertiannya dibawah ini:

1. Alat Musik Ritmis [Triangle]

alat musik ritmis triangle
oddav.com

Seperti dengan namanya, alat musik yang satu ini berbentuk segitiga. Dimana triangle sendiri berasal dari Belanda, dan biasanya sering dipakai untuk suatu pertunjukan parade.

Suara yang dikeluarkan oleh triangle ini berjenis perkusi idiofomi. Yang harus kalian ketahui bahwasanya triangle tidak punya tangga nada, jadi ketika memainkannya dibutuhkan rasa.

Triangle dibikin dari besi, dimana masing-masing sisinya mempunyai panjang kurang lebih 15cm hingga 18cm.

Kamu dapat memainkannya dengan cara dipukul dengan bantuan stick logam. Pada zaman dahulu awalanya triangle beebentuk segitiga sama sisi, tetapi seiiring berjalannya waktu, sekarang alat musik unik ini sudah banyak dimodifikasi.

Dimana yang sekarang banyak dipasaran ialah bentuk segitiga sama kaki serta ada sedikit tambahan cincin logam yang akan membuat bunyinya menjadi lebih nyaring/ gemerincing.

2. Alat Musik Ritmis [Simbal]

alat musik ritmis kastanyet
laurayuniarrahmawati.weebly.com

Alat musik ini sejatinya masuk ke dalam kategori instrumen kuno. Awal terkenalnya musik ini sangatlah populer di negara Cina dan juga Turki.

Dimana simbal ini terbuat dari bahan dasar logam, mangkanya simbal disini dimainkan dengan cara dipukul. Otomatis suara yang dihasilkan akan nyaring serta berisik.

Walaupun demikian, ia sebenarnya bisa untuk menciptakan suatu harmosi musik yang meriah serta indah. Umumnya simbal dapat dimainkan solo, dan bisa juga dimainkan 1 set bersamaan dengan drum.

Di era sekarang, seringkali simbal dipertontonkan dalam pertunjukan marching band, barongsai, dan masih banyak yang lainnya.

Pada dasarnya pertunjukan yang diikuti oleh simbal seringkali dimainkan bersamaan dengan pemainnya yang ikut menari.

3. Alat Musik Ritmis [Marakas]

alat musik ritmis marakas
mainankayu.com

Alat musik yang terbilang sederhana ini dapat dimainkan dengan cara giyongkan-goyangkan/ digoncangkan.

Bentuknya yang seperti pin bowling tetapi ada bagian lurus yang terdapat pada tubuhnya dan bagian kepala yang terdapat butiran kecil di dalamnya menjadikan marakas adalah alat musik yang sangat mudah untuk dimainkan.

Bunyinya juga terbilang khas, dimana bunyinya yang bergemericik ini dapat membuat pertunjukkan menjadi lebih semarak lagi.

Marakas sendiri sering dimainkan bersama dengan alat musik lain sebagai pengiring dalam sebuah lagu. Biasanya kamu dapat menemukan marakas pada pertunjukan salsa, perkusi, cuba, dan rumba.

Ukuran marakas bervariasi, dimana ada yang kepalanya seperti telur, ada yang kaya apel, serta ada juga yang lonjong.

Pada zaman dahulu kala marakas sering dipakai warga Afrika untuk menjalankan ritualnya. Tetapi, seiiring berjalannya waktu dan juga era yang berkembang menjadikan marakas adalah alat musik yang identik dengan musik bergenre reggae.

Walaupun banyak orang beranggapan bermain marakas mudah, tetapi pada dasarnya ada lho teknik-teknik khusus yang digunakan oleh pemain marakas yang sudah profesional.

4. Alat Musik Ritmis [Konga]

alat musik ritmis konga
suherlin.com

Konga merupakan alat musik yang dimana banyak orang memiripkannya dengan kendang. Konga berasal dari Afrika, dan banyak orang sana menyebut konga dengan nama Tumbadora.

Yang membedekannya dengan kendang adalah kalau kendang dimainkan dengan cara horizontal, sedangkan konga/ tumbadora secara vertikal.

Awalnya alat musik ini dibuat dengan bahan dasar kayu, tetapi karena berkembangnya zaman yang membuat konga ini dapat dibuat dari fiberglass.

Sisi atas konga/ bagian yang dipukul dibuat dari kulit hewan, sedangkan untuk membuat dudukannya menjadi seimbang, besi adalah solusinya.

Cara memainkannya pun cukup mudah, kamu cuma memukulnya pada sisi atas dengan menggunakan kedua tanganmu.

5. Alat Musik Ritmis [Tifa]

alat musik ritmis tifa
monitorberita.com

Tifa adala alat musik tradisional yang menjadi suatu khas atau lambang dari masyarakat Papua dan juga Maluku.

Bentuknya mirip dengan konga, cara memainkannya juga sama, yaitu dengan cara dipukul. Alat musik yang satu ini terbuat dari bahan dasar kayu, dimana bagian bawahnya dikasih sebuah lubang.

Pada umumnya tifa seringkali dipergunakan untuk mengiringi beberapa macam tarian tradisional contohnya seperi Tari Lenso, Tari Perang, serta Tari Gatsi yang berasal dari Suku Asmat.

Tifa sendiri mempunyai banyak jenis, dan yang paling terkenal/ populer adalah Tifa Totobuang. Di Indonesia bagian timur, alat musik ini seringkali dipergunakan untuk mengiriang acara keagamaan daerah tersebut.

Misalnya seperti perayaan umat Kristen, dan mengiringi musik sawat Islam. Selain Totobuang, ternyata masih banyak lho jenis yang lain, antara lain Tifa Potong, Tifa Jekir, Tifa Bass, Tifa Jekir Potong, serta Tifa Dasar

6. Alat Musik Ritmis [Kastanyet]

 

 

 

alat musik ritmis kastanyet
nurfasta.com

Alat musik yang kali ini kerap kali digunakan sebagai pengiring tarian Spanyol contohnya seperti Tari Flamenco.

Pada dasarnya kastanyet dibuat dari bahan dasar kayu, bentuk yang budar, satu pasang (bawah- atas) mirip dengan kerang yang permukaannya lebih dicekungkan.

Pada zaman dahulu malah ada yang membuatnya dengan gading gajah. Untuk bisa mendapatkan suara dari alat musik unik ini, kamu hanya perlu menepukkan kedua sisinya seperti lagi mencapit dengan bantuan kedua tanganmu.

7. Alat Musik Ritmis [Timpani]

alat musik ritmis timpani
shutterstock.com

Alat musik ini merupakan bagian utama dari adanya pagelaran orchestra, dimana tampani sendiri memiliki bentuk seperti drum serta dapat menghasilkan suara yang sangat besar dan bisa memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan oleh permainan orchestra.

Walau demikian, apakah kamu tahu kalau timpani hanya digunakan beberapa kali aja? Itu benar, karena pada dasarnya bunyi yang dikeluarkan dari timpani ini hanya saat musik lagi dititik klimaks saja.

Timpani mempunyai ukuran yang bervariasi, mulai dari 20inch hingga 33inch. Sejatinya, 2 timpani yang dipergunakan selalu diletakkan di belakang soalnya bentuknya yang besar serta menjaga estetika.

Alat musik yang satu ini memang sangat disukai oleh orang barat. Dimana sepeti orang Amerika yang sering menyebutnya sebagai hal egg, sedangkan orang Inggris sering menyebutnya dengan sebutan ketel drum.

Di zaman sekarang sudah banyak banget timapni yang sudah dimodifikasi, gak cuma dipukul tetapi sekarang sering dimainkan dengan pedal sehingga akan menghasilkan nada-nada tertentu saja.

Contohnya seperti lagu yang mempunyai kunci D, G, C, dan A. Dimana seketika ada perubahan nada musik yang mendadak, timpani akan menjadi lebih fleksibel.

8. Alat Musik Ritmis [Tamborin]

alat musik ritmis tamborin
bhinneka.com

Tamborin adalah suatu alat musik ritmis yang dimana seringkali dipergunakan untuk pentas musik perkusi.

Cara memainkannya terbilang mudah, dimana kamu hanya perlu mentabuh serta digoyang-goyangin.

Alat musik yang satu ini terbuat dari bahan dasar kulit sapi/ plastik, dan kayu. Tamborin sendiri berasal dari eropa, mangkanya gak usah hewan kalau alat musik ini sering dipertontonkan untuk mengiringi pentas tarian.

Selain di Benua Eropa, nampaknya tamborin ini juga terkenal di Asia, contohnya seperti, Peru, India, Turki, dan Cina.

Awal mula terkenal di Asia, tentara Turki lah yang memainkan alat musik populer yang satu ini. Dimana setelah itu tamborin menjadi terkenal dengan nama Janissaries.

9. Alat Musik Ritmis [Kecrek]

alat musik ritmis kecrek
id.shareharga.info

Kecrek adalah sebuah alat musik yang bisa kita bilang masuk ke dalam golongan tradisional. Dimana alat musik ini terbuat dari bahan dasar logam/ kayu.

Pada zaman dahulu kecrek sendiri jarang dipakai, ya paling dipakai saat ada pertunjukan wayang aja. Bentuknya juga terbilang kecil yang dimana hal ini akan memudahkan sang dalang untuk memainkan.

Seiring berjalannya waktu, sekarang kecrek sudah banyak dimodifikasi, mulai dari bentuknya yang dapat dibesarkan, warna sesuai selera, bahkan hingga diberi logam tambahan supaya suara yang dihasilkan lebih nyaring.

Nah pada zaman sekarang, kecrek dimanfaatkan untuk mengiringi lagu dangdut atau dipakai untuk perlengkapan saat karaoke.

Sekarang banyak kesenian daerah yang masih memainkan kecrek ini untuk pentas musik campur sari serta pertunjukan jatilan.

10. Alat Musik Ritmis [Ketipung]

alat musik ritmis ketipung
bukalapak.com

Ketipung adalah alat musik yang mana banyak orang memiripkannya dengan kendang, cuma yang membedakan hanyalah ketipung jauh lebih kecil.

Zaman dahulu memang ketipung sendiri sering dimainkan bersamaan dengan kendang, tetapi seiring berjalnnya waktu ketipung dimainkan secara solo dan sering digunakan untuk acara musik dangdut.

Dimana ketipung sendiri dibuat dari bahan dasar kayu bubut dengan diameter lubangnya yang mempunyai panjang 21 cm hingga 40 cm.

Kalau kamu ini bisa untuk memainkan alat musik ini memnag ada teknik khusus. Dimana jika kalian sering melihat pertunjukan ketipung sang pemukul hanya mengetuknya dengan jari tidak sampai seluruh tangannya.

Walau bunyi yang dikeluarkan dari ketipung ini hanya “tak” dan “pung” tetapi pada dasarnya alat musik yang satu ini memegang peranan yang sangat penting apalagi ketika ada pertunjukan musik dangdut.

11. Alat Musik Ritmis [Gong Besar]

alat musik ritmis gong
bioacoustic-integrations.com

Gong merupakan alat musik tradisional yang berasal dari pulau Jawa. Alat musik ini pada dasarnya terbuat dari logam dengan bentuknya yang lingkaran luar berongga sedangkan tengahnya menonjol untuk tempat pukul yang nantinya menghasilkan bunyi/ suara.

Sebagian besar masyarakat pulau Jawa mempercayai adanya keramat didalamnya, jadi gak usah heran kalau ada beberapa kepercayaan adat jawa memandikan gong ini dengan kembang.

Gong cuma punya satu suara, dimana yang kalian ketahui bahwa alat musik ini hanya dimainkan ketika mengiring lagu/ pelengkap pentas musik saja. Ternyata itu semua salah.

Pada umumnya gong juga seringkali dipakai untuk meresmikan suatu acara, saat upacara, bahkan saat konferensi resmi seperti Asia Afrika yang pada zaman dahulu diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat.

12. Alat Musik Ritmis [Rebana]

alat musik ritmis rebana
id.wikipedia.org

Alat musik yang kali ini sering dikaitkan dengan acara-acara kaum islam seperti Hadroh dan Tari Zapim serta masih banyak yang lainnya.

Jika kita masukkan ke dalam bahasa jawa, banyak masyarakat pulau Jawa yang menyebutnya dengan sebuat terbang. Karena menurut sejarah rebana digunakan oleh wali songo untuk menjadi media pendakwahan agama Islam di Indonesia terutama Pulau Jawa.

Rebana juga populer di negara lain, terutama di Asia. Contohnya seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura serta negara-negara bagian Timur Tengah.

Kebanyakan dari kalian pasti sudah mengetahui bahwasanya alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Nah dimana area yang dipukul tersebut pada dasarnya dibuat dari bahan dasar kulit kambing.

Untuk pembuatannya sendiri, rebana dibuat dari kayu juga dengan berbentuk pipih lingkaran serta ditambah dengan 2/ 3 pasang simbal.

Di negara Indonesia sendiri rebana memiliki banyak jenis, antara lain rebana banjar, kombang, jidor, biang, hadroh, marawis, serta samroh.

13. Alat Musik Ritmis [Drum]

alat musik ritmis drum
andertons.co.uk

Drum adalah alat musik yang ditemukan kira-kira 6000 tahun sebelum masehi. Diantara semua alat musik ritmis, drum merupakan salah satu yang paling terkenal.

Gimana hal tersebut bisa dilakukan oleh drum? Karena drum sendiri sangatlah fleksibel dalam genre musik apapun seperti, jazz, pop, dangdut, rock, dll.

Gak heran kalau drum ini juga sering dipakai untuk melengkapi pertunjukan kesenian daerah, dimana drum sendiri dapat dimainkan bersama alat musik lainnya dan solo.

Sejatinya pengiring drum dapat disusun menjadi suatu set yang terdiri dari Tom-Tom, Cymbal, Snare, Bass, dan hardware contohnya seperti tom holder, kursi drum, pedal, serta stand hi hat.

Beberapa pemain drum profesional yang terkenal banyak banget contohnya seperti:

  1. Alex Van Halen.
  2. Marco Minnemann.
  3. Jason Bittner.

Dimana pemain profesional tersebut didukung sepenuhnya oleh konstruksi drum itu sendiri dengansebaik-sebaiknya.

Drum sendiri terbuat dari bahan dasar kulit yang dikendorkan dan dimainkan dengan cara dipuku, mau itu dengan tangan/ stik.

Shell/ “Selongsong” drum dibuat dari bahan dasar besi, dimana tujuannya gak lain adalah untuk menghasilkan suara/ bunyi yang nyaring.

Walau banyak juga yang memakai kayu, tetapi hal itu tidak disarankan karena membuatnya bunyi/ suara yang dihasilkan tidak senyaring yang memakai bahan dasar besi.

14. Alat Musik Ritmis [Kendang]

alat musik ritmis kendang
id.wikipedia.org

Kendang/ gendang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Pulau Jawa. Pada dasarnya banyak daerah di Indonesia yang mempunyai jenis kendangnya sendiri-sendiri.

Tetapi semua jenis tersebut memang harus kita akui Jawalah yang paling populer, kepopuleran itu dapat terjawabkan saat adanya pentas gamelan, acara dangdut, tarian daerah, campur sari, dll. Dimana cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara ditabuh/ dipukul.

Kendang yang berkulitas tinggi pada dasarnya terbuat dari bahan dasar kayu nangka. Di setiap sudut tempat pukulannya tebuat dari kulit hewan sepeti kerbau dan kambing.

Fungsinya gak lain adalah untuk mengatur adanya tinggi rendah suatu nada. Terdapat 4 jenis kendang yang wajib kamu ketahui, berikut:

  • Ciblon: Kendang dengan ukuran sedang, dimana ciblon sendiri juga sering disebut degan nama kebar.
  • Ketipung: Kendang dengan ukurang paling kecil.
  • Kendang Kosek: Kendang yang dapat dimainkan hanya saat pagelaran wayang.
  • Kendang Gede/ Kendang Kalih: Sebagian besar orang menyamakan permainannya yang sama dengan ketipung.

 

Nah selesai sudah pengertian soal alat musik ritmis diatas, semoga dengan adanya artikel ini membuat wawasan mu bertambah, sampai jumpa di artikel selanjutnya. DADAH!

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: