√13+ Contoh Alat Musik Petik Tradisional dan Modern Beserta Gambarnya

Alat Musik Petik – Negara kita terkenal akan budayanya yang sanagt banyak dan eksotik, salah satunya ialah alat musik.

Pada dasarnya masing-masing daerah memiliki kesenian serta kebudayan yang khas. Maka dari itu kita bisa saja menilai bahwa Indonesia adalah pusat alat musik tradisional diantara negara lainnya.

Alat musik sendiri senjatinya merupakan sebuah instrumen yang sebelumnya sudah dimodifikasi dengan bentuk dan maksud serta tujuan agar bisa menghasilkan bunyi/ suara.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tuntas mengenai pengertian dari alat musik petik serta contoh-contohnya dari mulai tradisional hingga yang modern. Berikut:

Pengertian Alat Musik Petik

Alat musik petik sendiri sejatinya dapat bersuara/ mengeluarkan bunyi jika kita petik/ getarkan pada bagian dawai/ senarnya.

Pendek panjangnya senar pada jenis alat musik ini sangatlah berpengaruh ke rendah/ tingginya nada yang nantinya akan dihasilkan.

Contoh Alat Musik Petik Tradisional

1. Alat Musik Petik [Celempung]

alat musik petik celempung
alatmusiksiter.wordpress.com

Celempung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Pulau Jawa, dimana ibu jari akan memainkan alat musik ini dan jari yang lainnya berfungsi sebagai penahan getaran.

Alat musik yang satu ini mempunyai ukuran panjang kurang lebih 92cm dan mempunyai 4 kaki serta mempunyai 13 dawai/ senar. Pada dasarnya celempung disettings 1 oktaf dibawah siter.

Ciri khas lain dari alat musik ini adalah salah satu dari senarnya disetel dengan nada prelog dan yang lainnya disetel slendro, dimana jenis nada yang seperti ini bisa kamu temui saat adanya pagelaran seni musik di daerah Bali.

2. Alat Musik Petik [Jentreng]

alat musik petik jentreng
thegorbalsla.com

Jentreng/ tarawangsa ini merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat, dimana bentuk dari alat musik yang satu ini mirip sekali dengan kecapi. Namun ukuran jentreng lebih kecil.

Berbeda dengan alat musik kecapi, jentreng cuma mempunyai senar 7 buah, jentreng sendiri pada dasarnya terbuat dari bahan dasar nangka/ kayu kenanga sehingga hal ini akan menambah keindahan suara yang dihasilkan dari jentreng itu sendiri.

Cara memainkan jentreng sendiri yaitu dengan mempergunakan jari kanan dan kiri, adapun jari tengah, telunjuk, serta ibu jari dari tangan kanan digunakan untuk mengatur nada tinggi. Sedangkan jari telunjuk pada tangan kiri berfungsi untuk mengatur nada-nada yang terbilang rendah.

3. Alat Musik Petik [Kecapi]

alat musik petik kecapi
alampedia.blogspot.com

Alat musik petik ini sejatinya berasal dari suku sunda, dimana alat musik yang satu ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, karena alat musik ini sempat dijadikan sebagai gambar di mata uang rupiah.

Kecapi sendiri sejatinya dibedakan menjadi 2 fungsi yaitu. Kecapi indung/ kecapi induk dan kecapi rincik/ kecapi anak.

4. Alat Musik Petik [Siter]

alat musik petik siter
kenalibudaya.info

Alat musik tradisional ini bernama siter, dimana siter sendiri berasal dari provinsi Jawa Tengah. Biasanya siter sering dimainkan bersama gamelan jawa, dimana alat musik ini berbeda dengan celempung yang mempunyai 13 senar, siter hanya mempunyai 11 senar.

Cara memainkannya pun sama banget dengan cara memainkan celempung, dimana pada umumnya celempung dan siter seringkali dimainkan sebagai pengiring gamelan jawa dengan dengan aransement yang sama cepatnya dengan gambang.

5. Alat Musik Petik [Popondi/ Tolindo]

alat musik petik popondi tolindo
wadaya.rey1024.com

Popondi/ tolindo merupakan alat musik yang asalnya dari daerah Sulawesi Selatan, tepatnya dari Toraja. Alat musik yang satu ini terbilang unik karena resonatornya terbuat dari bahan dasar tempurung kelapa yang seringkali kita temui.

Popondi sendiri terbuat dari bahan dasar kayu, senar, dan tempurung kelapa. Sejatinya alat musik ini sering dimainkan secara tunggal oleh para anak muda setelah nelayan/ petani pesta panen.

6. Alat Musik Petik [Hasapi/ Hapetan]

alat musik petik hasapi atau hapitan
percepat.com

Hapetan adalah alat musik tradisional yang asalnya dari Sumatera Utara, karena bentuk visualnya yang mirip dengan kecapi, banyak orang suku asli sana menyebutnya dengan sebutan Kecapi/ Hasapi.

Alat musik ini termasuk dalam kategori alat musik yang bersenar/ dawai. Hapetan sendiri seringkali dimainkan oleh masyarakat daerah Toba, mangkanya alat musik ini sering disebut juga dengan sebutan kecapi batak.

7. Alat Musik Petik [Leko Boko]

alat musik petik leko boko
percepat.com

Leko boko merupakan alat musik tradisional yang berasal nari NTT (Nusa Tenggara Timur). Alat musik yang satu ini juga biasa disebut dengan nama bujol, dimana leko boko terbuat dari bahan dasar labu hutan dan kayu.

  • Labu hutan berfungsi sebagai wadah resonansi
  • Kayu berfungsi sebagai perentang senar

Alat musik ini mempunyai senar sebanyak 4 buah, dimana dawai ke-1 bernada (Sol), ke-2 bernada (Re), ke-3 bernada (La), dan ke-4 bernada (Do)

Alat musik ini sering dipakai masyarakat suku Dawan untuk penghibur pribadi dan pesta adat, dimana saat pesta adat alat musik ini dimainkan secara berpasangandengan alat musik Heo.

8. Alat Musik Petik [Hawaian]

alat musik petik hawaian
gaznaz.com

Hawaian adalah alat musik tradisional Maluku yang bentuk visualnya mirip dengan gitar beraliran listrik, dimana gambar diatas adalah hawaian yang asli sebelum dimodifikasi.

Hawaian sendiri dibuat dengan bahan dasar logam dan kayu. Alat musik yang satu ini memiliki 8 senar dan jika ingin menyetelnya kamu harus menggunakan nada tinggi yaitu (mi, do, la, so) serta nada rendah seperti (mi, do, sol, do).

Untuk bisa memainkannya kamu harus menggunakan alat yang bentuknya seperti kuku jari manusia, dimana alat itu terbuat dari kulit kerang/ plastik.

9. Alat Musik Petik [Harpa] 

alat musik petik harpa
dictio.id

Jika kalian bandingkan dengan alat musik petik yang lainnya, maka harpa inilah alat musik petik yang paling tua di dunia.

Menurut sejarah, harpa sendiri sejatinya terbuat dari busur panah yang digunakan orang zaman dahulu untuk berburu, dimana sekarang mulai dikembangkan.

Pada umumnya bentuk harpa yaitu segitiga dengan kulit berwarna emas. Dan yang membuatnya semakin unik adalah kita bisa memainkannya dengan menggunakan tangan maupun kaki sekalipun.

Jumlah dawai sendiri pada dasarnya bervariasi, dimana mulai dari 22 senar bahkan hingga 47 senar. Harpa seringkali digunakan saat adanya pagelaran orchestra dan alat musik ini dimainkan secara solo/ tunggal.

Contoh Alat Musik Petik Modern

1. Alat Musik Petik [Gitar]

alat musik petik gitar
mixmuzik.com

Gitar merupakan alat musik yang bisa bunyi jika kamu memetiknya. Menurut penelitian awal munculnya gitar ini tepatnya ada di Negara Spanyol.

Semua orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan alat musik yang satui ini. Pada umumnya dawai yang dimiliki gitar dinamakan senar.

Gitar sendiri  terbuat dari bahan dasar yang bervariasi contohnya seperti kayu, besi, plastik, dan masih banyak yang lainnya.

Di dunia ini sendiri terdapat 2 jenis gitar yang paling terkenal yaitu gitar elektrik dan akustik. Gitar juga memiliki 144 kord, kord ini biasa digunakan untuk keperluan kamu saja supaya suara yang dihasilkan pas/ cocok.

2. Alat Musik Petik [Ukulele]

alat musik petik ukulele
ohayo.co.id

Mungkin dari sebagian kita yang membaca artikel ini sudah mengetahui alat musik ukulele. Namun orang yang mengenalinya belum tentu alat musik ini berasal dari mana.

Wajib kamu ketahui bahwasanya alat musik ini berasal dari Pulau Hawai. Nah jika ukulele ini diterjemahkan ke bahasa Hawai adalah “kutu loncat”

Jika dilihat secara visualnya, memang ukulele mempunyai kemiripan dengan gitar. Dimana yang membedakan hanyalah ukuran ukulele yang lebih kecil, yaitu kurang lebih 21 inch.

Alat musik modern yang mengeluarkan bunyi dengan cara dipetik ini ternyata mempunyai 4 jenis model yakni:

  1. Concret berukuran (38 cm)
  2. Tenor berukuran (43 cm)
  3. Soprano berukuran (33 cm)
  4. Baritone berukuran (48 cm)

3. Alat Musik Petik [Banjo]

alat musik petik banjo
belajarmusiku.com

Alat musik ini sejatinya berasal dari Benua Amerika, tepatnya saat adanya kehidupan budak Afrika. Nah para budak inilah yang membuat alat musik ini dikembangkan, dibuat instrumennya dan akhirnya bisa menghasilkan suara/ bunyi yang khas.

Banjo sendiri mempunyai dawai/ senar sebanyak 4 sampai 6 buah. Pada dasarnya alat musik yang satu ini seringkali digunakan pada musik folk, bluegrass, dan irish tradisional serta country.

Dimana jenis musik country dan blue grass disini sangat membutuhkan banjo untuk menjadi komponen utama yang harus dimainkan.

4. Alat Musik Petik [Gambus]

alat musik petik gambus
senandungindah.home.blog

Gambus adalah alat musik yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dimana sejatinya alat musik ini berasal dari zona Timur Tengah.

Jika dilihat visualnya saja, gambus ini juga menyerupai gitar, namun yang hanya membedakan adalah bentuk dari gambus seperti buah labu dibagi 2.

Alat musik ini memiliki fungsi utama yaitu pengiring tarian zapin. Gak hanya disitu, alat ini juga bisa digunakan sebagai pengiring musik bertema islami.

Pada dasarnya gambus sendiri dapat dimainkan secara berkelompk maupun tunggal/ solo, Namun umumnya alat musik ini dimainkan secara berbarengan dengan band musik.

5. Alat Musik Petik [Harp Guitar]

alat musik petik harp guitar
kenalibudaya.info

Jika artikel diatas kita hanya membahas harpanya saja. Maka kali ini kami akan membahas harpa yang dipadukan dengan hitar.

Sesuai dengan nama yang tercantum, alat musik ini memang 75% mirip gitar, namun 25%nya ditambah harpa pada bagian atasnya.

Seperti gitar, harp guitar ini terkenal akan 2 jenisnya yaitu harp guitar akustik dan elektrik. Ya walaupun terlihat seperti gitar, tetapi perbedaan utama pada alat musik yang satu ini ada tambahan ekstensi harpa.

Pada dasarnya alat musik ini gak cuma dimainkan sendirian. Namun, bisa dipadukan dengan alat musik lainnya secara berbarengan. Jumlah pemain harp guitar ini bisa banyak, dan tunggal.

 

Selesai sudah pengertian dan contoh-contoh mengenai alat musik petik, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasamu mengenai alat musik khususnya yang dipetik. Sampai jumpa diartikel selanjutnya. DADAH!..

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: