gazwan Seorang anak kecil yang merantau demi keluarga dirumah

√ 9+ Contoh Alat Musik Maluku Beserta Gambarnya [LENGKAP & JELAS]

alat musik maluku arababu

Alat Musik Maluku – Maluku adalah sebuah provinsi yang terdapat di Indonesia bagian Timur, dimana provinsi ini terkenal akan kaya keseniannya. ya, salah satunya alat musiknya yang unik dan menarik.

Maka dari itu kami akan mengulas mengenai alat musik maluku yang hingga sekarang masih dilestarikan oleh generasi Maluku zaman sekarang.

Nah wajib kalian ketahui bahwasanya alat musik di Maluku yang paling populer/ terkenal adalah tifa, nah alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Jika ingin tahu kelanjutannya cek aja ulasannya dibawah.

Berikut merupakan contoh-contoh alat musik maluku beserta cara memainkannya, tetapi sebelum itu semua kita membahas mengenai keseniannya dulu, oke?

Kesenian yang Terdapat di Provinsi Maluku

Di daerah Maluku sendiri terdapat banyak macam kesenian yang bisa kita saksikan saat kita sedang berkunjung ke sana. Alat musik yang terdapat di Maluku ini sejatinya mempunyai kesamaan dengan yang dimiliki maluku utara.

Umumnya masyarakat Maluku adalah warga asli yang berkembang/ tumbuh disana. Ambon sendiri adalah ibukota dari Provinsi Maluku.

Berikut merupakan beberapa kesenian masyarakat Maluku dari sekian banyaknya, chek it out:

  • Tarian tradisional contohnya seperti tari “Cakalele” menggambarkan bahwasanya orang Maluku itu perkasa.
  • Memiliki lagu tradisional seperti Rasa Sayange, Sarinande, serta Naik-naik ke Puncak Gunung.
  • Rumah tradisional Baileo adalah rumah asli masyarakat Maluku.
  • Alat musik tradisionalnya yang sabentar lagi kita akan bahas seperti Tifa, Totobuang, dan kulit bia.

Seperti yang ada di judul, maka dari itu kami akan membahas contonya dibawah lengkap dengan cara memainkannya, berikut :

Contoh Alat musik Maluku

1.  Alat Musik Maluku [Idiokordo]

alat musik maluku idiokordo
nurfasta.com

Idiokordo adalah alat musik yang berasal dari Maluku dengan mempunyai bentuk menyerupai siter dan dimaninkan dengan cara dipetik.

Alat musik yang terbuat dari bahan dasar kayu pada bagian tengahnya ini terdapat dawai/ senar mulai dari bawah hingga atas.

Alat musik ini juga terkenal dengan sebutan “Tatabuhan”. Umumnya idiokordo ini sering digunakan ketika terdapat beberapa acara khas sana.

2.  Alat Musik Maluku [Rumba]

alat musik maluku rumba
perpek.com

Rumba merupkan alat musik tradisional yang bentuknya menyerupai marakas dan hingga sekarang masih aktif dimainkan.

Cara memainkan alat musik yang satu ini terbilang mudah, dimana kamu cuma menggoyangkannya saja, nah yang wajib kalian ketahui bahwasanya rumba ini termasuk ke dalam kategori jenis ala t musik perkusi.

Menurut kami sebenarnya kamu sudah pernah melihat alat musik yang satu ini, hanya saja kamu saat itu belum mengetahuinya. Kenapa kami bisa bilang bahwasanya kamu pernah melihat alat ini? Karena rumba sendiri pada dasarnya sudah tidak asing lagi ditelinga kita.

Rumba ini memiliki kesamaan dengan alat musik yang berasal dari Cuba, hal ini bisa dinyatakan karena Spanyol pernah ke Indonesia dan mungkin pada saat itu ia membawa alat musik saat tiba di Provinsi yang memiliki ibukota Ambon ini.

Di dalam alat musik ini terdapat pasir/ batu kerikil dengan bagian ujungnya berbentuk bulat. Rumba umumnya seringkali digunakan untuk mengiringi musik/ lagu dengan irama gembira serta berdansa.

3. Alat Musik Maluku [Tifa Totobuang]

alat musik maluku Tifa Totobuang
kamerabudaya.com

Tifa adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditabuh/ dipukul. perbedaan antara tifa totobuang dan yang biasa adalah totobuang memiliki ukuran yang jauh lebih besar dengan alat pukul yang terbuat dari bahan dasar kayu.

Sedangkan tifa biasa kebanyak orang memainkannya dipukul dengan cara menggunakan tangan kosong/ telapak tangan.

Totobuang merupakan alat musik melodis yang mempunyai bentuk visual seperti bonang pada ansambel gamelan jawa, cara memainkan dan suaranya pun sama.

Akhirnya banyak orang menyebutkannya dengan sebutan tifa totobuang ini karena banyak rakyat yang menyatukannya. Kolaborasi antara keduanya bisa kalian lihat saat ada pawai jalanan.

4. Alat Musik Maluku [Suling Melintang/ Floit]

alat musik maluku suling melintang
indonesian.alibaba.com

Suling malintang/ melintantang ini bisa disebut juga dengan nama floit ini merupakan alat musik yang tergolong tradisional dengan cara memainkannya yakni ditiup. Sejatinya alat musik ini digunakan hanya untuk mengiringi tarian tradisional khas Maluku sana.

Biasanya floit ini terkenal/ populer jika dimainkan lebih dari 4 orang atau lebih dan dibuat kelompok dengan susunan akord 1-4.

Alat musik ini terbuat dari bahan dasar bambu yang dilengkapi dengan penyekap pada salah satu bagian ujungnya, dan terdapat lubang diatasnya.

Dalam pentas apapun alat musik floit ini bisa banget untuk dikolaborasikan dengan alat musik lainnya, mau itu alat musik modern bahkan hingga tradisional.

5. Alat Musik Maluku [Arababu]

alat musik maluku arababu
indonesiakaya.com

Alat musik arababu termasuk salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia bagian timur, tepatnya terdapat pada Provinsi Maluku.

Arababu sendiri dimainkan dengan cara digesek, pada dasarnya arababu ini memiliki kemiripan dengan arababu yang berasal dari Sulawesi, hanya saja yang membedakan cuma bagian bawahnya yang lebih panjang sedikit.

Alat musik yang satu ini sejejnis dengan alat musik Rebab yang terbuat dari bahan dasar kayu, tapi pengehasil suaranya terbuat dari bahan dasar Bambu.

Sejatinya alat musik ini terus berkembang hingga sekarang, penyebaran ini sangat dipengaruhi oleh agama Islam yang terdapat di provinsi Maluku.

Alat musik yang bagian tengahnya menyerupai arababu ini disebabkan karena seorang pedangang Arab serta masuknya Islam ke Indonesia yang akhirnya alat musik ini berkembang di Indonesia dengan sebutan lain.

6. Alat Musik Maluku [Hawaiian/ Ukulele]

alat musik maluku hawaian/ ukulele
mikiroo.com

Ukulele merupakan alat musik yang memiliki bentuk visual seperti gitar, dimana ukulele juga mirip dengan gitar dari sisi cara memainkannya.

Alat musik yang satu ini cukup terkenal di kalangan penyuka musik bergenre keroncong, namun apa jadinya dengan yang tidak tahu?

Di Negara Indonesia sendiri ukulele bisa kita jumpai di daerah Ambon. Dimana ukulele sudah menjadi alat musik tradisional sejak datangnya Belanda ke daerah tersebut, yaa kurang lebih pada abad ke-16.

Sejatinya nama dari alat musik ini gak cuma ukulele doang, tetapi kita juga bisa menyebutnya dengan sebutan Hawaian/ Hawaiian.

Seiring berjalannya waktu alat musik ini sudah dimodifikasi sehingga bisa dialiri listrik yang menyebabkan nilai tradisionalnya pudar, tetapi kalian tetap bisa kok untuk memainkannya tanpa aliran listrik, hanya nanti suara yang dihasilkan akan berbeda.

Hawaian sendiri dimainkan dengan cara dipetik menggunakan tangan, tetapi jika yang sudah profesional memainkan alat musik ini biasanya memakai alat petik khusus yang terbuat dari plastik.

Alat musik yang satu ini mempunyai 6 dawai/ senar, dan jika ingin memainkannya kamu harus menyetelnya terlebih dahulu.

7. Alat Musik Maluku [Korno/ Tahuri]

alat musik maluku tahuri
indonesiakaya.com

Tahuri merupakan alat musik yang berasal dari Provinsi Maluku yang cara memainkannya menyerupai terompet, yakni ditiup. Dimana tahuri sendiri dikenal oleh masyarakat sana khususnya yang bertempat tinggal di daerah pesisir pantai.

Sejatinya tahuri terbuat dari bahan dasar cangkang kerang. Tahuri sendiri memiliki keunikan, dimana jika bentuknya semakin mengecil maka suara yang dihasilkan malah semaking melengking. Dan itu berlaku juga untuk sebaliknya, kalau bentuknya semakin besar maka suara yang dihasilkan malah semakin rendah.

Pada dasarnya nada yang dihasilkan dari alat musik ini tidak semudah yang kamu pikirkan, awalnya kamu harus melubanginya terlebih dahulu menggunakan bor. Nah baru ditiup berulang-ulang agar suara yang diinginkan dapat tercapai.

Contoh Alat musik Maluku Utara

1. Alat Musik Maluku Utara [Cikir]

alat musik maluku cikir
nusantaraindonesia.net

Cikir merupakan alat musik tradisional denga memiliki bentuk visual menyerupai marakas. Dan cara memainkannya pun sama, yakni dengan cara digoyang-goyangkan.

Di Indonesia bagian timur sana sebarnya alat musik ini mempunyai banyak sebutan di daerah masing-masing, maka dari itu cikir ini cukup terkenal di sana.

Sejatinya alat musik ini terbuat dari bahan dasar batok kelapa yang masih dalam keadaan utuh dan pada bagian dalamna sudah dikeluarkan sebelumnya.

Nah setelah batok kelapa tersebut bersih, maka kamu bisa langsung mengisinya dengan pasir atau bisa juga dengan batu kerikil.

Cikir sendiri bisa dikolaborasikan dengan alat musik bambu hitada, dimana kombinasi antara keduanya membuat suasana lebih semakin meriah dan juga ramai.

2. Alat Musik Maluku Utara [Bambu Hitada]

alat musik maluku bambu hitada
bisniswisata.co.id

Bambu hitada merupakan alat musik tradisional yang sampai sekarang masih aktif dimainkan. Awal munculnya alat musik ini dikarenakan dulunya masyarakat sana masih hidup di alam liar dan akhirnya semua memanfaatkan alatm untuk kehidupan sehari-hari.

Ukuran bambu yang digunakan bervariasi, yakni bisa pendek dan panjang. Kenapa? Karena kalau ukurannya beda maka suara yang nantinya akan dihasilkan juga berbeda/ bervariasi.

Cara memainkannya terbilang cukup mudah, dimana kamu hanya cukup mengehentakannya ke tanah. Variasi yang dihetakannya inilah yang membuat suara akan bervariasi, tentunya hal ini dimainkan dengan irama yang sebelumnya sudah ditentukan.

3. Alat Musik Maluku Utara [Juk/ Bijol/ Leko Boko]

alat musik maluku leko beko
percepat.com

Selanjutnya terdapat alat musik Leko Beko atau biasa disebut dengan nama Bijol. Alat musik tradisional yang satu ini dimainkan dengan cara dipetik dan cukup terkenal di Maluku Utara.

Bijol sendiri memiliki bagian wadah resonansi yang dimana bagian ini terbuat dari bahan dasar kayu dan labu hutan, jumlah dawai pada alat musik ini umumnya terdapat 4 buah.

Alat musik ini biasanya sering digunakan saat ada acara adat, tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan kalau ada orang yang menjadikan ini sebagai hiburan pribadi.

 

Selesai sudah penjelasan mengenai alat musik Maluku, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasanmu khususnya di bidang permusikan. Jika ada kesalahan kata harap dimaafkan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, DADAHHH…

gazwan Seorang anak kecil yang merantau demi keluarga dirumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: