√ 13+ Contoh Alat Musik Betawi Beserta Sejarahnya [LENGKAP & JELAS]

Alat Musik Betawi – Betawi adalah sebuah panggilan terhadap budaya asli DKI Jakarta, dimana kamu bisa menilai orang tersebut betawi dari nada bicaranya yang cukup kencang dan tinggi.

Budaya yang ada di Jakarta adalah campuran dari adanya budaya etnis yang bervariasi, hal ini dikenal dengan sebutan Mestizo.

Sejak datangnya Belanda ke ibu kota, Jakarta yang dulunya bernama sunda kelapa ini mempunyai suatu magnet yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke kota metropolitan ini.

Hidup itu seperti musik yang harus dikomposisi oleh telinga, perasaan dan insting. Bukan oleh peraturan!

Sejarah Munculnya Alat Musik Betawi

sejarah munculnya alat musik betawi
anakbetawiblog.wordpress.com

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwasanya Betawi merupakan sebuah nama adat/ suku yang bertempat di ibukota Jakarta. Dimana suku yang satu ini bisa terbilang sebagai salah satu dari sekian banyak suku yang lama tinggal di Negara Indonesia.

Malah sampai saat ini masyarakat suku Betawi sendiri masih memegang erat kebudayaan warisan dari nenek moyangnya, jadi gak usah hewan kalau suku ini mempunyai rasa kekeluargaan yang solid dan kental.

Kalau kita membahas soal suku Betawi, memang kita tidak bisa lepas dari kearifal lokalnya. Dimana selain makanan khas yang banyak, ternyata suku Betawi juga masih mempertahankan beberapa pentas tradisional.

Contohnya seperti pertunjukan lenong, ondel-ondel, dan masih banyak yang lainnya. Dan yang lebih menariknya, senior/ pendahulu kesenian ini sendiri masih memberikan wawasan atau edukasi yang baik ke penerusnya.

Seperti yang kita ketahui lagi, bahwa setiap adanya pertunjukan pasti disitu terdapat iringan musik. Hal ini membuat musik juga salah satu faktor penting dari adanya pertunjukan masyarakat suku Betawi.

Walau zaman semakin modern, ternyata hal ini tidak berlaku untuk masyarakat suku Betawi. Dimana mereka masih memegang teguh budaya tradisionalnya hingga sekarang.

Ini harus banget kita contoh, karena pada dasarnya kita harus terus menggunakan budaya tradisional secara tidak langsung supaya tetap terjaga budaya dan sejarah yang sudah ada.

Pada umumnya memang alat musik Betawi mempunyai banyak sekali bentuk dan ragam. Mulai dari alat musik pukul, gesek tiup dan alat musik lainnya yang tentunya mempunyai fungsinya sendiri-sendiri.

Bukan cuma bentuknya doang, tapi bahan yang dipergunakan juga bevariasi. Contohnya sepeti kayu, besi, logam, dan lain-lain.

Contoh Alat Musik Betawi

1. Alat Musik Betawi [Marawis]

alat musik betawi marawis
youtube.com

Marawis merupakan alat musik yang sampe sekarang masih dilestarikan. Dimana alat musik yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk warga Jakarta.

Hal ini dapat terjadi karena marawis pada dasarnya sering digunakan dalam acara-acara seperti keagamaan dan pentas seni tradisional Betawi. Dan, marawis juga bisa digunakan untuk mengiringi acara pernikahan suku Betawi.

Secara visual, memang marawis mempunyai kemiripan dengan rebana, dan cara memainkannya juga sama. Yaitu dipukul dengan menggunakan tangan.

Dalam pentas  alat musik ini, pada dasarnya seringkali marawis mengiringi nyayian para personilnya. Gak sampai situ, seragam yang dipakai seperti ondel-ondel, peci, sabuk, sarung juga disamakan agar bisa menambahkan kemeriahan dalam acara tersebut.

2. Alat Musik Betawi [Gambang Kromong]

alat musik betawi gambang kromong
tridharma.or.id

Alat musik Betawi yang satu ini bernama gambang kromong. Dimana yang kalian ketahui, bahwasanya gambang kromong merupakan sebuah orkes yang berasal dari Betawi yang memakai beberapa alat musik zaman dahulu/ tradisional.

Dan yang membuatnya unik adalah pertunjukkan yang terdapat gambang kromong di dalamnya mempunyai nama lain yaitu Tradisi Cina Banteng.

Nama ini diambil bukan gak ada sebab, melainkan orkes gambang kromong ini juga menjadi salah satu saksi sejarah yang wajib banget untuk diingat.

Nama tradisi cina banteng ini juga merupakan sebuah bukti kolaborasi selaras antara etnis Tionghoa dan Pribumi.

Walau zaman tradisional sudah menjadi modern, tetapi alat musik tradisional yang satu ini tetap digunakan dalam acara-acara tertentu.

3. Alat Musik Betawi [Tanjidor]

alat musik betawi tanjidor
indonesiakaya.com

Apakah kamu pernah mendengar alat musik yang satu ini? Ya, tanjidor memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian warga Dki Jakarta.

Dimana secara visualnya tanjidor mempunyai bentuk yang mirip seperti terompet, namun yang membedakan hanya ukuran tanjidor yang jauh lebih besar.

Uniknya, ternyata nama tanjidor sendiri terinspirasi dari grup musik tangsi. Yang dahulu kala pengguanan tanjidor hanyalah untuk alat penghibur saat masyarakat suku Betawi sedang bekerja.

Mengapa hal ini dapat terjadi? Karena tanjidor mempunyai suara/ bunyi yang khas dan unik. Akhirnya alat musik betawi ini dimainkan bersama alat musik lain yang lebih divariasikan.

Pada dasarnya tanjidor dimainkan berbarengan dengan tuba, terompet, baritone, dan alat musik lainnya.

4. Alat Musik Betawi [Gendang]

alat musik betawi gendang
tokopedia.com

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui alat musik populer yang satu ini yaitu, gendang. Dimana gendang adalah alat musik yang sudah menjadi alat musik lumrah di masyakat Indonesia.

Hal ini dapat terjadi karena gendang seringkali digunakan untuk pertunjukkan seni musik tradisional, khsusnya suku Betawi. Walau banyak orang yan belum tahu kalau alat ini berasal dari suku Betawi.

Cara memainkan gendang sendiri terbilang mudah mudah sulit, yaitu dengan cara dipukul bagian sisi ujungnya. Walau banyak orang menganggapnya mudah, ternyata ada cara khusus untuk menyeimbangkan, mangkanya belajar dulu.

Pada umumnya gendang memiliki suatu ketukan yang berbeda dengan alat musik yang lainnya. Nah itulah yang membuat gendang seimbang serta nilai estetika dari bunyinya akan keluar. muncul.

5. Alat Musik Betawi [Kemong]

alat musik betawi kemong
budayajawa.id

Selanjutnya, alat musik tradisional ini masih digunakan hingga sekarang yaitu, kemong. Secara visual, kemong mempunyai bentuk yang mirip dengan gong, dimana yang membedakan hanyalah ukuran kemong yang jauh lebih kecil dan berjumlah banyak di satu barisnya.

Alat musik yang satu ini terbilang mempunyai umur yang sangat lamam dan kemong sendiri merupakan salah satu dari bagian orkes gambang kromong.

Untuk memainkannya, kamu hanya perlu memukulnya dengan tongkat yang sebelumnya ujung dari tongkat tersebut sudah diberi pelapis karet/ kain.

Setiap kemong memiliki bunyi yang berbeda dengan rangkainannya. Dan pada dasarnya kemong juga kerap hadir dan dipergunakan dalam sebuah pentas musik saat adanya perayaan khususnya masyarakat Betawi.

6. Alat Musik Betawi [Keroncong Tugu]

alat musik betawi kerocong tugu
sumber.com

Hampir mempunyai kemiripan dengan keroncong pada umumnya, keroncong yang bernama tugu ini memiliki karakteristik yang lebih lembut.

Dimana kesenian yang satu ini adalah sebuah kesenian alat musik yang dimana sebagain besar darinya terpengaruh dari bangsa barat.

Keroncong tugu sendiri adalah suatu perpaduan seni musik yang menyatukan budaya Portugis dengan budaya Indonesia.

Nama yang ditambahkan “tugu” ini terinsipirasi dari nama daerah yang seringkali memainkan keroncong, yaitu Tugu. Dimana daerah Jakarta Utaara memegang peranan penting dari kesenian suku Betawi ini.

Irama yang dipermainkan dalam keroncong tugu ini memiliki 4/4 ketukan. Yang wajib kalian ketahui adalah alat musik ini merupakan pilar dari kesenian alat musik Betawi yang hingga sekarang terkenal dan diberi sebutan “keroncong tugu”

7. Alat Musik Betawi [Gong]

alat musik betawi gong
id.wikipedia.org

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwasanya gong adalah alat musik tradisional yang sudah menjadi hal lumrah bagi masyarakat di pulau Jawa.

Selain banyak dipergunakan oleh masyarakat Jawa, ternyata Betawi juga termasuk menjadi salah satu alat musik tradisional nya.

Cara memainkannya juga terbilang sangat mudah, yaitu dipukul saja pada sisi dalam/ yang menonjol di permukaan depan.

Selain dipergunakan untuk pengiring di orkes musik, ternyata alat musik tradisional betawi ini juga dapat dimainkan saat adanya upacara kematian.

Suaranya yang sangat khas mampu untuk memberikan nilai estetika sendiri bagi para pendengarnya. Gak cuma itu, gong juga bisa banget untuk dipergunakan saat perkawinan dengan tema budaya Jawa.

8. Alat Musik Betawi [Gender]

alat musik betawi gender
budayaindonesia12.blogspot.com

Selain alat musik yang sudah kami beri di atas, ternyata masih ada lho alat musik tradisional dari Betawi yang masih dipergunakan hingga sekarang, apalagi kalau bukan gender.

Gender sendiri termasuk dalam salah satu kategori gamelan. Dimana jika kamu ingin memainkannya yaitu dengan cara dipukul, biasanya gender terdiri dari 10-15 bilah yang masing-masing suaranya berbeda.

Fungsi utama dari adanya alat ini tidak lain untuk memberikan isyarat kepada penyanyi untuk segera memulaikan lagunya. Tidak sampai situ,  alat musik yang satu ini juga bisa sebagai pengiring rebab ketika bernyanyi. Bahkan gender juga dapat dijadikan pemimpin saat lagu sedang berlangsung.

9. Alat Musik Betawi [Gambus]

alat musik betawi gambus
umarmahdi.com

Alat musik Betawi selanjutnya bernama gambus, dimana gambus adalah alat musik tradisional Betawi yang hingga sekarang masih eksis. Uniknya alat musik yang satu ini mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda dengan kota/ daerah lainnya.

Dawai yang dipakai berjumlah 7 utas, dimana 6 utas dengan 3 bunyi nada bersuara kembar serta 1 dawai berfungsi sebagai bass.

Suara yang dihasilkan dari dawai juga bisa saya jamin halus, karena pada dasarnya alat musik ini terbuat dari benang sutra yang sebelumnya sudah ditentukan.

Badan gambus sendiri terbuat dari bahan dasar kayu yang memiliki fungsi sebagai resonator ketika sedang dimainkan. Dengan adanya bahan kain sutera membuat gambus ini mempunyai suara yang nyaman untuk didengar serta enak.

Gambus populer akan irama padang pasir khas dari zona timur tengah dan gujarat, dimana gambus terkenal pada tahun 1941an. Walau eksistensinya sekarang sudah mulai tergeser karena adanya alat musik modern.

Tapi saat ini gambus masih dipergunakan dan cukup terkenal saat memeriahkan suatu pesta sepeti acara khitanan/ sunat dan acara pernikahan

Syair yang terdapat pada pentasnya berisi pujian akan agungnya tuhan dalam segi apapun mau itu rezeki, jodoh, atau kenikmatan lainnya yang kita sendiri tidak dapat menghitungnya.

Karena ada sebuah ucapan dari seseorang ahli agama yang berkata:

Kalau air di dunia ini dijadikan tinta dan pohon di dunia dijadikan pena, maka tetap tidak bisa kita menulis kenikmatan tuhan yang sangatlah banyak.

10. Alat Musik Betawi [Kongahyan]

Kongahyan merupakan alat musik Betawi yang dimana cara memainkannya dengan digesek. Kemiripannya dengan rebab yang bisa ditemukan di Bali, Jawa, serta Sunda. Yang membedakan cuma kongahyan mempunyai postur yang lebih kecil.

Bahkan kongahyan lebih kecil dibandingan sukong dan tehyan. Alat musik tradisional Betawi yang satu ini juga terinsipirasi dari alat musik gesek yang berasal dari Cina/ Tionghoa.

Di Tionghoa sendiri, alat musik ini diberi nama “erhu”, dimana senar/ dawai yang dimiliki kohayan ini sendiri berjumlah 2.

Peyebaran alat musik ini terbilang sangat cepat dan luas, karena kongahyan sendiri sangat banyak yang menyukainya.

Penggunaan kongahyan bisa kamu temui di acara pentas tradisional dan acara kebudayaan serta acara resmi yang dibuat oleh masyarakat suku Betawi.

Kongahyan disini juga mempunyai fungsi untuk menunjukkan adanya akulturasi antara masyarakat Tionghoa dan masyarakat Betawi.

11. Alat Musik Betawi [Sukong]

Alat musik betawi sukong
kamerabudaya.com

Sukong termasuk sebagai alat musik melodi yang terdapat di sebuah pertunjukan grup musik. Bentuk dari alat ini seperti alat musik timur tengah yaitu rebab. Yang hanya membedakan hanya ukuran tehyan yang lebih mini/ kecil.

Cara memainkan sukong bisa terbilang sulit, yaitu kamu harus memetiknya bukan digesek seperti alat musik dengan dawai lainnya. Dimana yang membdekan adalah jumlah senar sukong hanya 2 buah.

Sukong sendiri termasuk dalam kesenian orkes gambang kromong yang mempunyai peran sebagai bass karena bisa menghasilkan suara yang terbilang unik dan mempunyai nada dasar yaitu “G”.

12. Alat Musik Betawi [Kecrek]

alat musik betawi kecrek
percepat.com

Kecrek adalah salah satu alat musik yang termasuk dalam orkes gambang kromong yang terkenal di daerah Jakarta khususnya wilayah Jakarta Utara.

Dimana alat musik ini terbilang sederhana dari nada yang dihasilkan serta bentuknya. Kecrek sendiri terdiri dari sekian bilah perunggu yang di bagian bawahnya dikasih alas/ tadahan kayu untuk dipukul dan menghasilkan bunyi/ suara.

Suara yang dihasilkan dari alat musik ini terbilang sangat khas, yaitu berbunyi “crek kecrek”. Kecrek juga bisa digunakan untuk menjadi pengiring suatu kesenian dan pada umumnya sering dijadikan sebuah patokan / tanda ketika ingin memulai sebuah lagu atau mengakhirnya.

13. Alat Musik Betawi [Ningnong]

alat musik betawi ningnong
tokopedia.com

Instrumen yang satu ini berasal dari Betawi yang sudah ada sejak dahulu, dimana awalnya ningong ini dipergunakan oleh etnis Betawi Cina yang bertempat tinggal di Jakarta.

Ningnong termasuk sebagai salah satu alat musik pukul yang terdapat 2 buah piringan logam berpencu serta ditempatkan pada wadah yang berbahan dasar kayu.

Ningnong sendiri sejatinya berfungsi untuk mengatur irama. Dimana alat pukul yang dipergunaka saat memainkan alat musik ini pada dasarnya terbuat dari tongkat besi yang berkukuran kecil.

Selain daripada itu, alat musik ini juga sangat berkembang di daerah asalnya, yaitu di kota DKI Jakarta dan sekitarnya.

14. Alat Musik Betawi [Tehyan]

alat musik betawi tehyan
youtube.com

Tehyan merupakan jenis alat musik gesek, dimana sudah sangat jelas untuk memainkan alat ini yaitu dengan cara digesek pada bagian dawainya. Ya hampir miriplah dengan alat musik modern biola.

Jika dilihat visualnya, bentuk tehyan sendiri terbilang unik karena mempunyai bentuk seperti kerangka manusia pasnya pada area badan sampai pinggul.

Tehyan mempunyai tangga nada Diatonis, dan kalau kamu ingin memainkannya secara berkelanjutan makan kamu harus pintar untuk mengandalkan perasaan agar bisa untuk memperoleh nada selanjutnya.

Selain keunikan yang terdapat pada tehyan, ternyata alat musik ini mempunyai kesulitan yang sangatlah besar dengan instrumen alat musik betawi pada umumnya.

 

Nah sudah selesai penjelasan tentang alat musik betawi, semoga dengan adanya artikel ini membuatmu bertambah wawasan mengenai alat musik tradisional khususnya betawi. Sampai jumpa diartikel selanjutnya. DADAH!

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: